Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

LGP Perkuat Pernyataan Hasto PDIP Bisa Usung Capres Sendiri 

Jumat 20 May 2022 22:38 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Nashih Nashrullah

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan  PDIP adalah partai yang bisa usung capres cawapres di Pemilu 2024

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan PDIP adalah partai yang bisa usung capres cawapres di Pemilu 2024

Foto: istimewa
Hasto menegaskan PDIP adalah partai yang bisa usung capres cawapres di Pemilu 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu yakni Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menghangatkan situasi politik dalam menyongsong Pilpres 2024 mendatang. 

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya menunggu momentum untuk menentukan koalisi pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga

Kendati demikian, PDIP disebutnya memiliki modal yang sangat kuat, karena partainya dapat mengusung calon presiden (capres) sendiri tanpa berkoalisi. 

"PDIP bisa mengusung calon sendiri itu karena dukungan rakyat di dalam pemilu yang lalu. Jadi yang kami lakukan saat ini adalah bagaimana fokus mewujudkan kepercayaan rakyat," ujar Hasto di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (20/5/2022). 

Partai berlambang kepala banteng itu juga menyadari adanya Koalisi Indonesia Bersatu yang dibentuk Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun, sekali lagi dia menyampaikan bahwa rakyatlah yang menjadi prioritas partainya saat ini "Tentu saja (dukungan rakyat) menjadi modal politik yang sangat penting dan karena itulah kami tidak ikut dansa-dansa politik," ujar Hasto.

Dia menilai wajar jika setiap partai politik mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi pemilihan umum Pemilu 2024. Termasuk pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu yang dilakukan Golkar, PAN, dan PPP.           

Dihubungi secara terpisah, Ketua Pembina Laskar Ganjar Puan (LGP), Mochtar Mohamad, mengungkapkan LGP sudah jauh-jauh hari memprediksi bahwasannya DPP PDIP akan mengusung Kader sendiri yaitu, Ganjar-Puan. 

Sampai saat ini, hanya PDI Perjuangan yang sudah mempunya tiket nyapres. Adapun dari lawan koalisi belum kelihatan bentuknya. Pasalnya PDI Perjuangan sudah memenuhi syarat Presidential Threshold. 

"PDI Perjuangan sudah memenuhi itu, karena minimal syarat 115 kursi, sedangkan sekarang posisi PDI Perjuangan mempunyai 128 kursi di parlemen," kata Mochtar. 

Untuk kader sendiri, lanjut M2, sapaan familiar Mochtar Mohamad, PDI Perjuangan sudah siap dengan kader terbaiknya yang sudah mempunyai reputasi, rekam jejak yang tak diragukan lagi, yakin Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. 

"Mas Ganjar dan Mbak Puan kader yang sudah siap. Ini menjadi peluang besar Mas Ganjar dan Mbak Puan menang satu putaran," paparnya. 

"Mengapa bisa?, hal ini karena Mas Ganjar dan Mbak Puan menjadi lokomotif membawa PDIP Perjuangan menjadi mayoritas tunggal," imbuhnya. 

Mochtar meyakini, pada Pemilu Legislatif yang akan datang akan banyak partai yang tidak lolos di parlementer threshold. Paling ada di kisaran 3 sampai 6 partai yang lolos. "Ini apa? Hal ini karena partai lain tidak memiliki kader capres yang kuat," kata dia.      

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA