Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Mozambik Konfirmasi Kasus Polio Ganas Pertama dalam 30 Tahun

Sabtu 21 May 2022 00:47 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi vaksinasi polio. Mozambik mengidentifikasi kasus polio ganas pertamanya dalam tiga dekade.

Ilustrasi vaksinasi polio. Mozambik mengidentifikasi kasus polio ganas pertamanya dalam tiga dekade.

Foto: Reuters/Sara Farid
Mozambik mengidentifikasi kasus polio ganas pertamanya dalam tiga dekade

REPUBLIKA.CO.ID, MAPUTO - Mozambik, negara di Afrika bagian timur, telah mengidentifikasi kasus polio ganas pertamanya dalam tiga dekade. Hal itu dikonfirmasi setelah pengurutan genetik dari jenis penyakit anak yang serupa di Malawi, awal tahun ini.

Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Afrika Matshidiso Moeti mengatakan deteksi kasus baru itu sangat mengkhawatirkan. “Itu menunjukkan betapa berbahayanya virus ini serta seberapa cepat penyebarannya,” kata dia seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

Afrika dinyatakan bebas dari polio ganas asli pada tahun 2020. Menurut WHO, kasus terbaru tidak akan memengaruhi sertifikasi itu karena tampaknya merupakan jenis impor.

Pemberantasan polio telah menjadi salah satu kisah sukses kesehatan global yang hebat. Virus polio ganas diketahui sudah menjadi endemik di Afghanistan dan Pakistan. Pekerja polio garis depan Saima Hanif di koloni Bangash, Rawalpindi, Pakistan mengatakan ini kondisi yang menakutkan, tapi ia bertekad akan membuat Pakistan bebas polio.

Kasus di Mozambik, di timur laut provinsi Tete, adalah yang pertama sejak 1992, dengan anak yang terinfeksi mulai mengalami kelumpuhan pada akhir Maret. Analisis sekuensing genom menunjukkan bahwa kasus yang baru dikonfirmasi terkait dengan jenis yang beredar di Pakistan pada 2019, mirip dengan kasus yang dilaporkan di Malawi awal tahun ini.

Wakil Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Afrika Ahmed Ogwell Ouman mengatakan ketika diurutkan kasus tertentu di Mozambik memiliki kemiripan yang sangat dekat dengan kasus yang telah dilaporkan di Malawi beberapa pekan lalu. Pada Februari, Malawi mengumumkan kasus pertama virus polio ganas dalam 30 tahun, ketika seorang gadis berusia tiga tahun di distrik Lilongwe lumpuh akibat infeksi tersebut.

Investigasi masih terus berlangsung di Mozambik untuk menentukan sejauh mana risiko yang ditimbulkan oleh kasus baru dan segera diperlukan tanggapan. WHO menyatakan analisis awal sampel yang dikumpulkan dari tiga kontak dari kasus yang baru terdeteksi semuanya negatif untuk virus polio ganas tipe 1.

Mozambik baru-baru ini melakukan dua kampanye vaksinasi massal sebagai tanggapan atas kasus Malawi, di mana 4,2 juta anak divaksinasi terhadap penyakit tersebut. Polio adalah penyakit yang sangat menular, menyebar terutama melalui kontaminasi oral oleh kotoran. 

Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan yang terkadang berakibat fatal. Polio belum ditemukan obatnya, tetapi vaksinasi telah membuat dunia hampir mengakhiri bentuk ganas dari penyakit ini.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA