Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Yuk Main Ke Candi Geneng, Situs Pertirtaan Yang Diduga Peninggalan Kerajaan Kadiri

Wisata | Friday, 20 May 2022, 20:09 WIB

Disebut sebagai Candi Geneng Kali Tempur, baru saja ditemukan 1-2 Tahunan yang lalu, pasca dieskavasi Candi Geneng menjadi objek wisata baru di Kepung, Kediri.

letaknya dekat dengan Wisata Kali Tempur, alamat lengkapnya di Dusun Kebonagung Desa Brumbung Kecamatan Kepung. diperkirakan sebagai Peninggalan Kerajaan Kediri, Candi Geneng kali tempur berupa Pertirtaan kotak dengan batu bata dan arsitektur yang khas jama dahulu.

Situs ini diperkirakan berasal dari peninggalan Kadiri mempunyai 5 mata air berbentuk semacam patung kuda. Bangunan ini diperkirakan dari abad ke-11 hingga era Majapahit, bangunan ini terus memancarkan air pada masing-masing lubang.

Daerah Geneng dipercaya banyak situs peninggalan Kerajaa Kadiri, jika kalian kesana, aksesnya cukup mudah, warga sekitar memberi plangkat penunjuk jalan, akan tetapi 1 KM menuju lokasi, jalan masih kecil dan mobil sulit untuk mencapai ke lokasi, tetapi jangan sedih, disana juga tersedia toilet dan tempat ganti untuk kalian yang ingin menikmati sungai atau air didekat candi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image