Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indonews Coid

Teks Ulasan Lengkap: Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Guru Menulis | Friday, 20 May 2022, 20:06 WIB

Teks ulasan menjadi sebuah karya sastra dan dibentuk dari rangkaian kata yang menunjukkan ulasan maupun penilaian suatu objek. Biasanya mengulas pertunjukkan film dan karya tulis seperti novel. Simak pembahasan mengenai teks ulasan (lengkap): pengertian, ciri, struktur, contoh untuk memperkaya khazanah pengetahuan.

Teks Ulasan

Perkembangan zaman dan teknologi membuat teks ulasan digunakan dalam beberapa aspek kehidupan. Salah satunya dalam website maupun media sosial. Seringkali pengelola website meminta kepada pengunjung online untuk memberikan ulasan dan kesan dalam bentuk feedback.

Apa Itu Pengertian Teks Ulasan?

Teks ulasan merupakan sebuah teks tertulis yang disampaikan oleh seorang yang ahli dalam mengulas atau reviewer. Ulasan yang diberikan dapat disusun menyerupai artikel dan disampaikan ke depan publik. Baik berupa berita di media massa atau secara langsung di depan televisi.

Terdapat beberapa nama lain tentang teks ulasan yakni resensi (pada buku) dan review yang bersifat lebih umum. Dengan demikian karya yang diulas tidak hanya berasal dari karya tertulis saja. Akan tetapi bisa mengulas karya musik, kuliner, berita olahraga dan karya lainnya.

Tujuan dan Ciri Khas yang Terkandung dalam Teks Ulasan

1. Tujuan Teks Ulasan untuk Sebuah Karya

Terdapat beberapa tujuan penting dalam sebuah penulisan teks ulasan, di antaranya:

a. Memberikan pandangan opini terhadap sebuah karya yang diulas.

b. Penulis berusaha memberikan informasi yang akurat tentang kelayakan, kelebihan dan kekurangan karya.

c. Memberikan perbandingan terhadap karya dengan lawan produk yang sejenis.

d. Menyodorkan pertimbangan kepada pembaca sebelum melakukan pembelian, sewa atau memilih produk.

e. Penulis memberikan kesempatan kepada pembaca untuk memutuskan sendiri barang yang hendak dipilih.

2. Ciri Khas Teks Ulasan

Kemudian ciri khas yang terdapat di dalam teks ulasan di antaranya:

a. Memiliki struktur sistematis yang terdiri dari: orientasi, teks penafsiran, evaluasi dan rangkuman.

b. Data teks ulasan berupa opini dan pandangan terhadap sebuah karya.

c. Opini yang disampaikan berasal dari fakta dan data autentik.

Struktur Penulisan Teks Ulasan yang Baik

Struktur yang bersifat sistematis memang dibutuhkan untuk mengatur setiap letak rangkaian ulasan. Dapat dipahami pembaca dan dapat tersusun dengan pola deduksi maupun induksi. Struktur penulisan teks ulasan terdiri dari:

1. Orientasi merupakan bagian utama yang mengawali sebuah proses review. Caranya dengan memberikan gambaran yang bersifat umum. Kemudian memberikan penjelasan tentang tema dari seorang reviewer. Dengan demikian pembaca bisa diarahkan pada tema yang disampaikan dalam ulasan tersebut.

2. Tafsiran merupakan tindakan dan langkah lanjutan dari sebuah orientasi karya. Pada bagian ini reviewer bertugas untuk memberikan penjelasan secara terperinci. Baik disampaikan dengan pola deskriptif, informatif maupun secara kritis. Dengan demikian para pembaca mengetahui kelebihan, kekurangan dan hal menarik dalam karya yang sedang diulas.

3. Evaluasi, merupakan bagian untuk memberikan pandangan atau opini pribadi terhadap karya yang diulas. Seorang penulis review akan menyampaikan pendapatnya, baik dari sisi pembaca maupun sisi penulis itu sendiri. Terkadang penulis akan menyampaikan kekurangan, rekomendasi atau bahkan pilihan kepada para pembacanya.

4. Rangkuman merupakan titik akhir dalam proses review. Penulis akan memberikan kesimpulan terhadap hasil ulasan yang disampaikan. Kemudian menambahkan komentar dan kritik yang perlu disampaikan secara umum ke hadapan pembaca. Dengan demikian kredibilitas seorang reviewer tergantung pada apa yang diketahui dan disampaikan kepada pembacanya.

Jenis-jenis Teks Ulasan (Lengkap)

Teks ulasan biasa digunakan penulis ulasan atau reviewer yang terbagi ke dalam beberapa jenis:

1. Review Deskriptif

Teks ulasan ini terdiri dari gambaran detail sebuah karya, terutama bagi karya fiksi. Terdiri dari manfaat, informasi penting dan kekuatan argumen dari seorang reviewer. Dengan demikian pembaca mendapatkan informasi baru dengan jelas dan meyakinkan.

2. Review Informatif

Teks ulasan ini terdiri dari gambaran atau penjelasan yang singkat dan bersifat umum terhadap suatu karya. Sehingga reviewer tidak menyampaikan isi dari karya tersebut dengan detail. Akan tetapi hanya menjelaskan dua bagian penting, yaitu kelebihan dan kekurangannya saja. Dengan demikian review informatif merupakan kebalikan dari review deskriptif yang cenderung lebih detail.

3. Review Kritis

Sesuai namanya, ulasan atau review kritis menggunakan beberapa pendekatan ilmiah ketika membahas suatu karya atau produk. Jenis ulasan ini menyatukan prinsip review informatif dan deskriptif, sehingga menghasilkan ulasan kritis dengan fakta yang objektif.

Bahan ulasan yang menggunakan review kritis adalah novel dan karya sastra lainnya. Kemudian reviewer menggunakan beberapa prinsip ilmu pengetahuan sebagai acuan review itu sendiri. Seperti ulasan novel yang dinilai dengan sudut pandang kearifan lokal dan sosiologis.

Contoh Teks Ulasan Puisi dalam Bentuk Informatif

“Hujan Bulan Juni”

1. orientasi

Hujan Bulan Juni merupakan kumpulan-kumpulan puisi dari seorang tokoh terkenal bernama Sapardi Djoko Damono. Diterbitkan oleh Grasindo pada tahun 1994. Akan tetapi bait-bait puisi yang begitu terkenang adalah tentang Hujan Bulan Juni. Karena mengandung makna yang mendalam dan berkesan baik bagi penulisnya sendiri maupun bagi para penggemarnya.

2. Tafsiran

Dari sekian banyaknya puisi dalam buku Hujan Bulan Juni. Maka marilah membahas dan menganalisis puisi Hujan Bulan Juni. Puisi ini menggambarkan sebuah ketulusan yang didasari oleh rasa cinta. Rasa tulus ini bisa diberikan kepada siapa saja terutama kepada pasangannya. Kemudian mencoba untuk menginterpretasikan sebuah kesetiaan pada perumpamaan yang sederhana.

3. Evaluasi

Sapardi juga menyampaikan sebuah pesan yang mendalam tentang cinta dan keajaiban di dunia ini. Seperti telah membuat dunia dengan keindahan dan kebahagiaan yang tidak diperoleh di dunia nyata. Salah satunya adalah dari kata Hujan di Bulan Juni, sedangkan pada masa itu bulan juni adalah masa kemarau yang panjang.

Dengan demikian inspirasi yang tercipta dari puisi ini mengandung 2 keputusan, yakni sebagai sebuah fantasi dan sebuah kemustahilan. Akan tetapi itulah yang menjadi sisi terbaik dari puisi Sapardi Djoko Damono.

Rangkuman

Puisi-puisi Sapardi memang masih memiliki celah untuk diulas dengan lebih detail. Akan tetapi dibiarkan hidup lebih lama di dalam hati setiap penggemarnya. Hal itu pula yang coba disampaikan olehnya, bahwa menyampaikan cinta bisa dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan bersyukur lebih banyak kepada Tuhan.

Dengan demikian Sapardi tetap menjadi sosok inspirasi dalam berkarya. Salah satu alasannya karena Hujan di Bulan Juni. Menjadi hujan yang mengguyur setiap hati dan jiwa yang sedang tidak menentu.

Pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh mengenai teks ulasan di atas merupakan salah satu materi yang wajib diketahui sebagai seorang reviewer pemula. Supaya penulis ulasan memiliki tolak ukur yang sesuai dan menjadi pedoman untuk tetap berkarya. Dengan demikian lahirlah para penulis ulasan dengan memiliki rasa dan tingkat profesionalitas yang tinggi.

Membuat teks ulasan memang memerlukan sebuah studi dan pengalaman yang cukup di bidangnya. Akan tetapi hal tersebut bisa dipelajari dengan cara segera mulai melakukannya. Sehingga seorang reviewer mampu menyajikan sebuah ulasan yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Sumber :

Youtube Vanced

Download Film KKN Di Desa Penari

Aplikasi Sadap WA

GB WhatsApp

SuratKabar.Id

wa gb

wa gb

WhatsApp Plus WA Plus

pubgmproleague.id

kevinabelforcongress.com

rollingstone.co.id

officialjimbreuer.com

sudoway.id

chip.co.id

hindsband.com

kaltimtuntas.id

Starpetrochem.Co.Id

kebangkitan-nasional.or.id

snaptik

ssstiktok

musicallydown

mp3 juice

mangaku

nama ff

download mp3 lagu dari youtube

savefrom tiktok

ff advance

nada dering wa

nada dering wa

coc mod apk

coc mod apk

akun ff sultan gratis

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image