Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

5 Alasan Kenapa KKN Jadi Film dengan Penonton Terbanyak Indonesia

Sabtu 21 May 2022 11:37 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Film KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari

5 Alasan Kenapa KKN Jadi Film dengan Penonton Terbanyak Indonesia

VIVA – Film horor Indonesia KKN di Desa Penari belakangan ini tengah menjadi perbincangan dan menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, film ini sangat laris manis hingga meraup sebanyak 7 juta penonton sejak debut rilis pada 30 April 2022. 

KKN di Desa Penari pun menyabet julukan sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Bahkan menyalip film Warkop DKI Reborn Part 1 (2016) yang sebelumnya mendapatkan julukan tersebut. 

Mungkin banyak dari kamu yang penasaran bagaimana film ini bisa memiliki penonton terbanyak dan sangat laris. Berikut ini sejumlah alasan film KKN banyak penonton dan menjadi terlaris sepanjang masa di Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Berasal dari thread Twitter yang viral

Cerita KKN di Desa Penari ini bermula dari sebuah thread yang dibuat akun @simpleman di Twitter pada Agustus 2019 lalu. Kemudian thread tersebut menjadi viral di media sosial dan banyak diperbincangkan di Indonesia. Cerita tersebut bahkan sampai dibahas oleh YouTuber terkenal Indonesia Raditya Dika dan Nessie Judge. 

Akhirnya banyak orang yang membaca thread tersebut dan mengharapkan dengan rasa penasaran agar kisah tersebut dijadikan sebagai sebuah film horor. Rasa penasaran publik terhadap kisah tersebut pun dijawab oleh MD Pictures yang memutuskan untuk memproduksi kisah KKN menjadi film. Terbukti, tak hanya thread-nya saja yang viral dan banyak dibaca publik, filmnya pun juga menjadi yang terlaris sepanjang masa di Indonesia. 

2. Diklaim sebagai kisah nyata

Kisah KKN di Desa Penari ini diklaim oleh penulis threadnya @simpleman sebagai kisah nyata. Sehingga filmnya sangat membuat publik penasaran karena menjadi visual dari cerita tersebut. Hal itu juga banyak dipercayai oleh masyarakat sebagai kisah nyata meskipun sempat menuai perdebatan karena ada juga yang menganggap kisah tersebut hanyalah fiksi belaka. 

3. Masyarakat yang menghargai film lokal

Alasan film KKN banyak penonton juga mungkin dari faktor masyarakat yang menghargai film lokal dan karya anak bangsa. Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita akan mendukung karya bangsa dan juga mendukung perfilman Indonesia agar terus maju. Sehingga film lokal bisa bersaing dengan film-film luar dan bertaraf internasional. 

4. Waktu perilisan film

Salah satu faktor yang membuat film KKN banyak penonton adalah waktu perilisan film yang dinilai tepat. Film KKN ini dirilis bertepatan dengan hari libur lebaran dan dalam kondisi pandemi yang sudah mulai mereda sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk menontonnya. Apalagi setelah lebaran banyak orang yang mungkin memakai uang THR-nya untuk menonton film KKN tersebut.

Film ini sebenarnya dijadwalkan tayang pada tahun 2020 lalu, namun karena adanya pandemi, waktu perilisannya tertunda selama dua tahun. Hal itu pula lah yang membuat masyarakat jadi semakin menanti-nantikan film KKN. 

5. Menawarkan dua versi film 

Seperti yang diketahui, dari thread KKN ini memang mengisahkan salah satu bagian yang diperuntukkan untuk orang dewasa 18+. Hal itu karena cerita dari karakter Bima dan Ayu yang diceritakan membawa malapetaka karena nafsu mereka berdua di desa tersebut. 

Dalam filmnya pun tentu sama, ada adegan yang menunjukkan karakter Bima dan Ayu saat mereka melanggar aturan di daerah asing. Film ini pun menawarkan dua versi yakni versi cut dan no-cut. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA