Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Fintech KoinWorks Salurkan Pendanaan Rp 11 Triliun

Jumat 20 May 2022 11:14 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

KoinWorks

KoinWorks

Foto: koinworks.com
KoinWorks menyediakan layanan finansial terintegrasi bagi 1,6 juta lebih penggunanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fintech P2P lending KoinWorks mencatat penyaluran pendanaan sebesar Rp 11 triliun sejak awal 2022. Pada tahun ini KoinWorks menunjuk sejumlah nama untuk menduduki jajaran manajemen. 

Adapun langkah strategis ini bertujuan untuk memperkuat bisnis dan strategi perusahaan dalam menyediakan layanan finansial terintegrasi bagi 1,6 juta lebih penggunanya. Nama-nama tersebut antara lain Grace Hong sebagai Chief Marketing Officer, Jonathan Bryan sebagai Chief Platform Officer, Aditya Chintawar sebagai Chief Product Officer, dan Ethan Zhang sebagai Chief Strategy Officer. Pada level senior vice president, Rachel Sugeha didapuk sebagai Senior VP of Wealth. 

Baca Juga

Manajemen Koinworks Ethan Zhang mengatakan sebagai startup operator dan advisor serta entrepreneur akan berkontribusi pada strategi perusahaan dan proses perencanaan strategis secara keseluruhan.

Sementara, Grace Hong dengan pengalaman profesionalnya dalam bidang marketing selama 15 tahun akan fokus menciptakan strategi kampanye yang menarik dan efektif untuk membantu KoinWorks melayani pasar utamanya yaitu UKM.

Selain itu, Jonathan Bryan, Aditya Chintawar, dan Rachel Sugeha masing-masing beralih dari peran sebelumnya KoinWorks dapat fokus menciptakan dan mengembangkan inovasi terbaru, menyediakan produk yang relevan dan memenuhi kebutuhan UKM, serta mengembangkan produk investasi yang berstrategi untuk akuisisi pengguna baru.

"Sebagai sebuah divisi, tim strategi berfokus pada penciptaan nilai dan arah perusahaan secara keseluruhan, serta memastikan bahwa KoinWorks akan terus membangun ekosistem UKM Indonesia. Divisi Produk yang sepenuhnya bekerja dengan data-driven akan lebih kuat dan tajam dalam memecahkan masalah kompleks menjadi lebih sederhana untuk menghasilkan produk yang tepat guna," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (20/5/2022).

Kemudian Divisi Platform yang baru dibentuk secara konstan akan terus melihat kebutuhan user experience, terutama pelaku UKM dengan membangun ekosistem yang membantu mereka dari memulai bisnis hingga berkembang melampaui UKM.

Bersinergi dengan divisi produk dan divisi platform, divisi wealth berkomitmen membantu pengguna KoinWorks melalui produk investasi yang sejalan dengan journey pengguna mencapai tujuan finansial.

Sementara itu, divisi marketing akan memaksimalkan KoinWorks dalam membantu pengguna untuk mengenal manfaat dan kemudahan mengakses platform keuangan digital seperti KoinWorks.

Pertumbuhan KoinWorks terbilang pesat dalam lima tahun terakhir. Perusahaan yang awalnya hanya mendistribusikan pinjaman UKM pada 2016 sebagai P2P Lending ini, kini mempunyai serangkaian produk, seperti tabungan emas digital, pendanaan P2P otomatis berbasis kecerdasan buatan (AI), pembiayaan dengan jaminan invoice, pembiayaan dana pendidikan, early wage access, hingga pembelian obligasi.

KoinWorks NEO menjadi inovasi terkini KoinWorks, yang menjadi layanan finansial terintegrasi bagi UKM, pekerja lepas, content creator, hingga perusahaan rintisan. Melalui NEO card dan layanan manajemen keuangan KoinWorks NEO, produk ini memungkinkan pengguna untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka sekaligus, sesuai dengan tagline yang diusung “One Click to Grow Your Business”. 

“Kami passionate untuk membangun product experiences yang akan mentransformasikan bagaimana orang Indonesia berinvestasi, bertransaksi dan mengajukan pinjaman dana secara digital. Untuk mewujudkan rencana tersebut, kami selalu mempertimbangkan kondisi literasi keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Aditya Chintawar selaku Chief Product Officer. 

Grace Hong selaku Chief Marketing Officer mengatakan dia bergabung dengan KoinWorks untuk membantu mendorong pengembangan UKM dan wirausahawan baru. “Bagi saya penting untuk bekerja dengan bisnis yang inklusif dan secara intrinsik memahami pentingnya menyatukan orang-orang dari berbagai usia, kebangsaan, latar belakang, dan profesi untuk bersatu dalam tujuan bersama. Dengan begitu kita akan saling memperkuat, dan bekerja sama seperti hubungan simbiosis, terutama dalam marketing,” kata Grace.

CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menyampaikan, perusahaan akan bekerja sama untuk memperkuat bisnis sekaligus memperbesar company, termasuk dalam menyempurnakan KoinWorks NEO sebagai layanan finansial terintegrasi khusus UKM.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA