Jumat 20 May 2022 08:37 WIB

Evermos Raih Penghargaan 3G Championship Awards 2022

Evermos, platform social commerce asal Bandung, menerima penghargaan 3G Award 2022..

Evermos, platform social commerce asal Bandung, menerima penghargaan Global Good Governance (3G) Championship Awards 2022
Foto: istimewa
Evermos, platform social commerce asal Bandung, menerima penghargaan Global Good Governance (3G) Championship Awards 2022

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Evermos, platform social commerce asal Bandung, menerima penghargaan Global Good Governance (3G) Championship Awards 2022 untuk kategori Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan oleh Cambridge International Financial Advisory (IFA). Penghargaan berskala internasional ini diberikan kepada organisasi yang telah lebih jauh dalam mengimplementasikan program-program pemberdayaan perempuan dan meningkatkan kesejahteraan mereka, terutama dalam hal kesetaraan gender serta pembangunan ekonomi. 

Upacara penyerahan penghargaan prestisius tahunan ini diselenggarakan di Dubai (18/05).Co-Founder dan Chief of Sustainability Evermos, Iqbal Muslimin menyampaikan, "Sejak berdiri pada tahun 2019 lalu, pemberdayaan perempuan menjadi pilar penting bagi Evermos dalam membangun platform social commerce terbesar di Indonesia.

Baca Juga

Lebih dari 73% dari total 500 ribu reseller yang ada di platform Evermos adalah perempuan. Dengan kampanye #PerempuanAndalan, Evermos mendukung peran perempuan yang di samping berjuang mengurus kesibukan rumah tangga, juga dapat berjuang mencari penghasilan untuk kesejahteraan ekonomi keluarganya."

Pentingnya pemberdayaan perempuan ini juga senada dengan hasil riset dari McKinsey yang menyimpulkan bahwa pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dapat berkontribusi menambah GDP perekonomian global sebesar $12 triliun hingga tahun 2025.

 

Saat ini reseller di Evermos didominasi oleh kalangan ibu-ibu dari kota-kota kecil di Indonesia yang memiliki potensi berjualan, namun seringkali terhambat oleh keterbatasan modal, kesempatan dan keahlian. Evermos memberdayakan reseller dengan memberikan pelatihan kewirausahaan, akses teknologi dan juga jaringan ke ribuan produk lokal sehingga mereka bisa lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi.

Berdasarkan data, 20% reseller paling produktif bisa mendapatkan penghasilan bersih rata-rata 2.5 juta perbulan hanya dengan berjualan produk di Evermos. "Di Evermos itu enaknya gini, kita gak dibiarin aja tapi kita dibimbing. Saya melihat Evermos memberi kesempatan banget untuk para wanita, terutama emak-emak seperti saya, untuk berkarya. Gak berkarya lewat jualan aja, tapi juga punya komunitas yang positif," kata Umbar Ernawati, salah satu reseller asal Demak dalam keterangan persnya, Jumat (20/5/2022).

Penerima penghargaan dalam Global Good Governance Awards ditentukan berdasarkan metodologi yang menganalisa 5 pilar utama yaitu transparansi, tanggung jawab sosial, keberlanjutan, dampak, dan inovasi. Seleksi dilakukan oleh komite khusus yang dibentuk dari kalangan pemerintahan, praktisi, dan akademisi.

"Penghargaan 3G Championship Awards ini adalah suatu bentuk apresiasi atas semua kerja keras para karyawan internal, reseller, UKM dan semua partner Evermos dalam pemberdayaan perempuan.  Evermos bangga bisa menjadi salah satu startup teknologi asal Indonesia yang fokus dalam pemberdayaan perempuan untuk membangun kesejahteraan dan memulihkan ekonomi nasional pasca pandemi," kata Iqbal.

Evermos adalah penandatangan Women's Empowerment Principles (WEPs) dari UN Women, sebuah program yang didukung oleh We Empower Asia yang didukung Uni Eropa, untuk mempromosikan kesetaraan gender di seluruh ekosistem Evermos baik secara internal, marketplace dan juga komunitas.

Pemberdayaan perempuan menjadi satu dari tiga pilar Evermos dalam membangun dampak sosial (social impact) bersama dengan pemberdayaan komunitas dan inovasi pemberdayaan kalangan sosial-ekonomi bawah. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dampak sosial Evermos, silakan mengunjungi https://evermos.com/impact.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement