Jumat 20 May 2022 07:31 WIB

Dibandingkan Monolog, Happy Salma Sebut Pentas Musikal 'Inggit Garnasih' Lebih Menantang

Sebelumnya, 'Inggit Garnasih' dipentaskan dalam versi monolog.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Happy Salma memerankan sosok Inggit Garnasih dalam teater musikal
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Happy Salma memerankan sosok Inggit Garnasih dalam teater musikal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Happy Salma memerankan sosok Inggit Garnasih dalam pentas teater musikal bertajuk "Inggit Garnasih" di Ciputra Artpreneur Theatre, Jakarta. Dengan format yang lebih megah dan iringan orkestra, pementasan ini hadir dengan nuansa berbeda dari versi monolog yang telah dihelat pada 2011-2014.

Happy menyebut, pentas teater musikal "Inggit Garnasih" masih sangat relevan dengan masa saat ini, di mana perempuan adalah pusat dari semesta rumah tangganya. "Perempuan yang harus merawat semangat suami dan orang-orang sekitarnya, tapi juga pada saat bersamaan, harus meredakan badai dalam hati dan mengambil sikap untuk urusan pribadinya," kata Happy dalam konferensi pers usai pementasan khusus media, Kamis (19/5/2022) malam.

Baca Juga

Happy juga mengatakan bahwa pementasan menjadi upaya untuk terus menghidupkan sosok Inggit Garnasih, istri kedua Presiden pertama RI Ir Soekarno. Selama 20 tahun pernikahan, Inggit telah setia mengantar Soekarno lulus kuliah di Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang ITB).

Inggit juga mendukung ekonomi keluarga dengan berjualan jamu, alat-alat rumah tangga, dan pertanian. Inggit pula yang merawat semangat Soekarno saat ditahan di penjara Sukamiskin dan mendampinginya dalam pengasingan di Ende dan Bengkulu.

Menurut Happy, Inggit merupakan sosok penting dan saksi berbagai peristiwa masa perjuangan yang dilalui oleh tokoh pendiri bangsa. Inggit juga adalah sebuah spirit tentang kejujuran dan cerminan kedalaman perasaan seorang perempuan.

"Ini adalah sebuah fase yang tidak pernah dibicarakan dalam narasi sejarah besar, kisah yang ada di wilayah domestik pendiri bangsa ini," jelas Happy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement