Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Fabinho Yakin Bisa Bangkit dan Merumput di Partai Final Liga Champions

Kamis 19 May 2022 21:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Gelandang Liverpool Fabinho (tengah) menerima perawatan saat mengalami cedera otot melawan Aston Villa dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Gelandang Liverpool Fabinho (tengah) menerima perawatan saat mengalami cedera otot melawan Aston Villa dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Foto: AP Photo/Rui Vieira
Fabinho ingin membantu rekan-rekannya menaklukkan Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Gelandang bertahan Liverpool, Fabinho, cukup yakin sudah bisa merumput saat The Reds berduel dengan Real Madrid di partai final Liga Champions, Ahad (29/5/2022) dini hari WIB. Gelandang asal Brasil itu diketahui tengah mengalami cedera hamstring dan absen di dua laga terakhir The Reds di semua ajang. 

Eks gelandang bertahan AS Monaco itu mengalami cedera hamstring saat Liverpool menghadapi Aston Villa, awal pekan lalu. Dalam kemenangan Liverpool, 2-1, atas Villa itu, Fabinho hanya tampil selama 30 menit dan digantikan oleh Jordan Henderson. Akibat cedera tersebut, gelandang berusia 28 tahun itu absen di dua laga terakhir The Reds. 

Baca Juga

Tidak hanya saat Liverpool merengkuh titel Piala FA usai menundukan Chelsea, 6-5, via babak penalti, Fabinho juga terpaksa menepi kala Liverpool membungkam Southampton, 2-1, akhir pekan lalu. Fabinho pun sempat diragukan untuk bisa tampil di partai final Liga Champions, kontra Los Blancos, akhir bulan ini. Namun, Fabinho mengaku cukup optimis bisa pulih dari cedera hamstring dan merumput di laga yang bakal digelar di Stade de France, Prancis, tersebut. 

''Ya, saya akan berada di laga itu untuk merumput. Saya cukup tenang dan percaya diri untuk bisa pulih tepat waktu. Jadi, saat ini, saya harus tetap melakoni proses pemulihan dan beristirahat supaya bisa berada dalam kondisi terbaik di laga tersebut,'' ujar Fabinho seperti dilansir Mirror, Kamis (19/5/2022). 

Sebelum terbang ke Prancis untuk melakoni partai final Liga Champions, Liverpool akan terlebih dahulu menghadapi Wolverhampton Wanderers di laga pamungkas Liga Primer Inggris, akhir pekan ini. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, kemungkinan besar tidak akan mengambil resiko dengan menurunkan Fabinho di laga ini. 

Klopp tentu berharap, mantan gelandang bertahan Fluminense itu bisa tampil di laga kontra Real Madrid. Sejak didatangkan dari Monaco pada 2018, Fabinho memang terbukti menjadi andalan Klopp dalam mengawal lini tengah The Reds. Pun pada musim ini. Fabinho menjadi pilar penting dalam menjaga keseimbangan permainan Liverpool. Diplot sebagai gelandang bertahan, Fabinho ditugaskan untuk menambal lubang di lini belakang, terutama saat para bek sayap membantu serangan. 

Tidak hanya itu, Fabinho juga kerap menghentikan serangan dari bidang lapangan lawan. Peran krusial Fabinho ini terlihat dalam catatan penampilannya bersama The Reds, terutama sejak pergantian tahun. Fabinho hanya satu kali absen di 17 laga terakhir The Reds di pentas Liga Primer Inggris atau sejak awal 2022. Fabinho pun hanya absen di tiga kali dari starting line-up Liverpool selama periode tersebut. 

Sedangkan di arena Liga Champions, sejak memasuki 2022, Fabinho hanya satu kali mengawali laga dari bangku cadangan, tepatnya saat Liverpool ditahan imbang Benfica, 3-3, di laga leg kedua babak perempat final, awal April silam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA