Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Pembayaran Tol Nirsentuh Segera Diterapkan, Bagaimana Persiapan Pemerintah?

Kamis 19 May 2022 18:43 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Indira Rezkisari

Sistem pembayaran jalan tol. Pemerintah segera menerapkan pembayaran tol nirsentuh atau Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sistem pembayaran jalan tol. Pemerintah segera menerapkan pembayaran tol nirsentuh atau Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Foto: Prayogi/Republika.
Pemerintah sedang menyiapkan integrasi data kendaraan untuk tol nirsentuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah segera menerapkan pembayaran tol nirsentuh atau Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Yongki Triono mengatakan persiapan terus dilakukan untuk penerapan tersebut.

“Kami sedang berproses penyiapan integrasi database kendaraan,” kata Yongki, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga

Yongki menjelaskan, saat ini juga tengah dilakukan persiapan aplikasi untuk menerapan pembayaran tol nirsentuh itu. Dengan begitu nantinya saat uji coba dapat dilakukan dengan maksimal sebelum pelaksanaan resmi.

Begitu juga dengan sinkronisasi sistem yang akan diterapkan dalam sistem pembayaran tol nirsentuh. “Sistem deteksi pelat nomor di lapangan juga dilakukan persiapannya serta monitoring kontrolnya,” ungkap Yongki.

Dia memastikan sebelum peluncuran dilakukan, pemerintah dengan badan usaha jalan tol akan melakukannuji coba. Setelah hal tersebut dilakukan pelaksanaan pembayaran transaksi tol nirsentuh baru bisa diterapkan.

“Sebelum launching nanti kami akan melakukan sosialisasi intensif ke publik dan juga uji coba menjelang akhir 2022 ini,” tutur Yongki.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA