Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Jepang Siap Bergabung dengan Inisiatif Ekonomi Regional AS

Kamis 19 May 2022 21:45 WIB

Red: Esthi Maharani

Jepang telah mengumumkan siap berpartisipasi dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang disiapkan di bawah kepemimpinan AS.

Jepang telah mengumumkan siap berpartisipasi dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang disiapkan di bawah kepemimpinan AS.

Jepang menyambut Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik

REPUBLIKA.CO.ID., TOKYO -- Pemerintah Jepang telah mengumumkan siap berpartisipasi dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) yang disiapkan di bawah kepemimpinan AS.

Jepang menyambut baik IPEF sebagai perwujudan komitmen aktif AS di kawasan Indo-Pasifik dan berharap dapat bergabung, kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno pada konferensi pers, Rabu.

Hal itu dilakukan Jepang demi mewujudkan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, sebuah istilah umum yang mencakup strategi khusus Indo-Pasifik dari negara-negara dengan kepentingan yang sama di kawasan, kata Matsuno, seraya menambahkan negaranya akan terus mengundang AS untuk bergabung dengan Perjanjian Kemitraan Trans-Pasifik (TPP).

"Kami akan terus bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk meningkatkan kerja sama melalui IPEF dan membangun tatanan ekonomi yang diinginkan di kawasan," katanya.

Inisiatif yang dipimpin AS adalah rencana untuk mempromosikan standar perdagangan yang tinggi, digitalisasi ekonomi, pengembangan rantai pasokan dan memfasilitasi investasi infrastruktur.

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan mengunjungi Korea Selatan dan Jepang pada 20-25 Mei dan mengumumkan peluncuran resmi IPEF di Tokyo, di mana dia akan datang sebagai bagian dari Quad Leaders' Summit.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA