Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Penerbangan Bandara YIA-Singapura Mundur Menjadi 11 Juni

Jumat 20 May 2022 05:41 WIB

Red: Hiru Muhammad

Warga menunggu keluarga di terminal kedatangan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (30/4/2022). Bandara YIA hingga H-3 sudah memberangkatkan 45.512 pemudik. Puncaknya pada H-3 dengan jumlah pemudik mencapai 11.083 pemudik dengan 78 penerbangan.

Warga menunggu keluarga di terminal kedatangan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (30/4/2022). Bandara YIA hingga H-3 sudah memberangkatkan 45.512 pemudik. Puncaknya pada H-3 dengan jumlah pemudik mencapai 11.083 pemudik dengan 78 penerbangan.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Rencana penerbangan Singapura-YIA dilayani maskapai Scoot Tiger, tiga kali sepekan

REPUBLIKA.CO.ID,KULON PROGO--PT Angkasa Pura I (Persero) menyebutkan penerbangan rute Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menuju Singapura mundur dari jadwal semula pada 1 Juni menjadi 11 Juni 2022.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, DIY, Kamis (19/5/2022), mengatakan rencana awal penerbangan rute Bandara Internasional Yogyakarta-Singapura diproyeksikan 1 Juni atau awal Juni."Penerbangan internasional Singapura memang kemarin perwakilannya sudah menghubungi kita, Angkasa Pura 1 untuk persiapan. Di awal, informasi 1 Juni, ternyata memang sesuai dengan kesiapan mereka, rencananya kemungkinan minggu pertama atau minggu kedua Juni," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan penerbangan dari dan ke Singapura ini akan dilayani  maskapai Scoot Tiger. Rencananya, maskapai tersebut akan melayani tiga kali penerbangan dalam sepekan yakni setiap Selasa, Rabu, dan Jumat."Penerbangan internasional Singapura sementara baru tiga kali. Tetapi, nanti kita akan melihat, kalau misalkan minat dari dan ke Singapura tinggi, maka akan dilaksanakan setiap hari," katanya.

Agus juga mengatakan seiring dengan meredanya pandemi Covid-19 dan telah dibukanya penerbangan internasional di beberapa bandara di Indonesia termasuk Bandara Internasional Yogyakarta, telah meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi udara. Sehingga, ada beberapa agen travel yang menghubungi Bandara Internasional Yogyakarta terkait dengan charter flight dari sejumlah negara.

"Sementara ini yang kami dengar sudah ada yang menghubungi untuk charter flight, mulai dari dari Korea dan Kepang. Kami kira penjajakan ini sedang dilakukan baik oleh Asita dan travel-travel agent untuk mengundang mereka, karena memang kalau dilihat dari laporan bahwa banyak sekali calon wisatawan mancanegara khususnya dari Eropa ini sangat berminat untuk ke Yogyakarta," katanya.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA