Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Telkom Gelar Indigo Betalist Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Kamis 19 May 2022 15:04 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

-Indigo, program pendampingan startup digital pertama di Indonesia milik PT Telkom, meluncurkan Indigo Betalist berhadiah ratusan juta rupiah dengan masa pendaftaran ditutup 20 Mei 2022 ini.

-Indigo, program pendampingan startup digital pertama di Indonesia milik PT Telkom, meluncurkan Indigo Betalist berhadiah ratusan juta rupiah dengan masa pendaftaran ditutup 20 Mei 2022 ini.

Foto: istimewa
Harapannya, Indigo Betalist dapat meningkatkan transaksi awal para startup

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Indigo, program pendampingan startup digital pertama di Indonesia milik PT Telkom, meluncurkan Indigo Betalist berhadiah ratusan juta rupiah dengan masa pendaftaran ditutup 20 Mei 2022 ini. 

Menurut Manager Pre Startup & Discovery Indigo, Ibnu Mas’ud, Betalist adalah program yang berusaha memberikan pendampingan strategi growth hacking bagi para startup yang sudah memiliki Minimum Viable Product (MVP) atau setidaknya telah mencapai tahap product market fit. 

Baca Juga

"Harapannya, dengan Indigo Betalist, traksaksi awal yang sudah dimiliki startup tersebut dapat meningkat signifikan. Para founder berkesempatan mendaftarkan startup-nya dari 25 April mhingga 20 Mei 2022 ini," ujar Ibnu dalam siaran persnya, Kamis (19/5). Ibnu mengatakan, peserta Indigo Betalist bisa mendaftar ke https://betalist.indigo.id/.

Growth hacking adalah pola pikir analitis dalam menghadirkan inovasi yang dikemas secara kreatif namun tetap berbiaya rendah guna meningkatkan jumlah pelanggannya berkali lipat. Berbeda dengan metode pemasaran yang umumnya memperhitungkan berbagai metrik dalam implementasinya, growth hacking berpegang teguh satu metrik yang harus terus ditingkatkan yakni pertumbuhan itu sendiri. 

Menurutnya,  Indigo Betalist akan berlangsung selama 45 hari dan dilaksanakan secara serentak di IndigoSpace yang tersebar di 15 kota di Indonesia. Mengangkat tema “Build your tractions! Ace your product!” ini nantinya ditinjau dalam tahap on-desk selection oleh tim manajemen Indigo. Tahap tersebut akan menyeleksi peserta dan menyisakan lima puluh startup terpilih yang berhak mengikuti rangkaian lokakarya (bootcamp). 

Bootcamp, kata dia, digelar 27 Mei-2 Juni 2022 nanti. Dengan memanfaatkan berbagai pembekalan yang diberikan selama bootcamp, startup harus menuntaskan tantangan yang akan menjadi dasar penilaian dari manajemen Indigo dalam meninjau perkembangan mereka. 

"Penilaian tersebut sekaligus menentukan dua puluh startup terbaik yang akan diumumkan pada 7 Juni 2022. Adapun dua puluh startup terbaik tersebut berhak mendapatkan Betalist Award masing-masing Rp5 juta sebagai modal awal melakukan growth hacking yang didampingi langsung 1-on-1 oleh para mentor berkualitas," paparnya.

Ibnu mengatakan, implementasi growth hacking yang diterapkan selama sesi 1-on-1 pun akan dievaluasi lebih lanjut untuk menentukan tiga startup terbaik. Kelak, dalam Inauguration Day yang akan diselenggarakan 15 Juli 2022, tiga startup terbaik tersebut akan mendapat penghargaan sebesar Rp5 juta untuk juara ketiga, Rp7,5 juta untuk juara kedua, dan Rp10 juta untuk juara pertama. 

“Harapannya program ini akan ada banyak startup yang terfasilitasi sehingga bisa meningkatkan traksinya secara maksimal dengan cara growth hacking. Apalagi, alumni program kami sudah ada yang bergelar Centaur dan digadang-gadang segera masuk jajaran Unicorn dalam waktu dekat. Bahkan September 2021 lalu, salah satu startup binaan Indigo, yakni RunSystem, sudah melantai di bursa," katanya. 

Indigo merupakan bagian dari Leap sebagai umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA