Kamis 19 May 2022 10:29 WIB

Ilmuwan Buat Lensa Kontak yang Bisa Bantu Mengobati Glaukoma

Lensa kontak ini sudah diuji coba pada babi dan kelinci.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Lensa kontak.
Foto: Flickr
Lensa kontak.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ilmuwan menemukan lensa kontak cerdas yang bisa membantu mengobati penyakit. Lensa kontak fleksibel ini bisa mendeteksi tekanan mata dan melepaskan obat sesuai permintaan dapat membantu mengobati glaukoma, penyebab kebutaan global nomor dua di seluruh dunia. 

Perangkat nirkabel padat (compact wireless device) ini dikembangkan oleh tim peneliti China. Setelah diuji pada mata babi dan kelinci tampaknya mendeteksi dan mengurangi tekanan mata yang meningkat, salah satu penyebab umum glaukoma.

Baca Juga

Dilansir dari Sciencealert, Rabu (18/5/2022), glaukoma adalah istilah umum untuk sekelompok penyakit mata di mana kerusakan pada saraf optik, yang menyampaikan informasi visual ke otak. Glaukoma menyebabkan kehilangan penglihatan yang tidak dapat diubah dan kebutaan pada jutaan orang di seluruh dunia.

Penelitian baru ini menjadi landasan dalam mengembangkan perangkat yang mampu mendeteksi perubahan tekanan mata dan memberikan obat terapeutik sesuai kebutuhan.

Upaya terbaru untuk mengembangkan lensa kontak pintar sebagai perangkat yang dapat dipakai untuk mengobati kondisi mata telah. Pengobatan berfokus pada merasakan perubahan tekanan pada mata atau memberikan obat. Pengobatan glaukoma biasanya melibatkan obat tetes mata, terapi laser, atau pembedahan untuk mengurangi tekanan mata.

Meskipun kedengarannya menarik, perlu diingat bahwa ketika para ilmuwan terus bereksperimen dengan segala macam perangkat bagus untuk mengobati penyakit mata, deteksi dini glaukoma dan perawatan tepat waktu tetap penting.

“Begitu terdeteksi, terapi untuk glaukoma dapat menghentikan atau memperlambat fungsi penurunan pada sebagian besar kasus,” tulis Jaimie Steinmetz, ilmuwan peneliti di Institute for Health Metrics and Evaluation yang berbasis di Washington, menulis pada tahun 2020.

Agar alat ini bergungsi, alat harus cukup sensitif untuk mendeteksi perubahan tekanan dan melepaskan jumlah obat yang tepat sesuai permintaan. Semuanya harus dilakukan tanpa menghalangi penglihatan dan mengiritasi mata.

Kini, ilmuwan membuat lensa prototipe yang memiliki banyak sensor yang tertanam di dalamnya untuk menghindari kemungkinan iritasi mata dan desain kepingan salju yang unik dengan potongan laser. 

Desain ini dirancang untuk mengobati glaukoma sudut tertutup akut, bentuk glaukoma yang kurang umum yang dapat terjadi dengan peningkatan tekanan cairan secara tiba-tiba atau bertahap di dalam mata.

Menurut para peneliti, lensa berlapis ganda dilapisi dengan obat anti-glaukoma, brimonidin, dan lapisan film udara ultra tipis di antaranya. Film udara ini terhubung ke sirkuit listrik kantilever yang merasakan perubahan tekanan intraokular ketika kantong udara dikompresi oleh tekanan luar dari mata.

“Desain lensa lapisan ganda memungkinkan struktur padat untuk mengakomodasi beberapa modulus elektronik yang diposisikan di wilayah tepi lensa kontak,” yang berarti lensa itu tidak akan menghalangi pandangan pemakainya, tulis Yang dan rekannya.

Sejauh ini, perangkat tersebut hanya diuji pada bola mata babi dan kelinci hidup. Penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum lensa dapat bergerak ke arah uji klinis pada manusia.

Namun, untuk saat ini, para peneliti telah melaporkan bahwa perangkat mereka dapat mendeteksi perubahan tekanan intraokular, memberikan obat anti-glaukoma melalui iontophoresis dan “mengurangi dengan cepat” tekanan mata, seperti yang dirancang.

Dalam percobaan ini, tekanan mata kelinci juga tetap rendah dan tidak pulih seperti yang terjadi saat tetes mata brimonidine diberikan sebagai pengobatan kontrol, sehingga terlihat agak menjanjikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement