Kamis 19 May 2022 07:10 WIB

5 Musisi Tanah Air yang Memiliki 'Ritual' Khusus Sebelum Manggung

5 Musisi Tanah Air yang Memiliki 'Ritual' Khusus Sebelum Manggung

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Raisa Andriana
Raisa Andriana

VIVA – Belakangan ini, penampilan para musisi Indonesia sudah jarang disaksikan lantaran pandemi Covid-19. Walaupun demikian, baru-baru ini pemerintah sudah mengizinkan digelarnya konser di Tanah Air. Namun, sebelum mereka tampil di hadapan para penggemarnya, biasanya para musisi tersebut memiliki ‘ritual’ khusus sebelum naik ke atas panggung. ‘Ritual’ ini berupa ritual yang harus dilakukan sebelum tampil menyapa para penggemar. 

Berbagai rahasia unik tersebut dimiliki oleh masing-masing musisi di Tanah Air, seperti makanan yang harus dikonsumsi atau kegiatan rutin yang dilakukan sebelum manggung. Tapi terlepas dari perbedaan tersebut, tujuannya sama yaitu untuk menyuguhkan penampilan terbaik. Untuk itu, berikut adalah ulasan tentang ‘ritual’ khusus yang dilakukan oleh musisi Tanah Air yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Raisa

Penyanyi sekaligus istri dari aktor Hamish Daud, Raisa, juga memiliki ritual dan kebiasaan yang cukup unik. Sebelum menyapa para penggemar, Raisa sering memakai ponsel pintarnya untuk menonton video di YouTube yang sering dijadikan sebagai referensi untuk dijadikan aksi panggungnya. Penyanyi yang mempunyai suara emas ini juga kerap membuat ramuan ajaib sebelum tampil di atas panggung. 

Ramuan tersebut adalah campuran air hangat, lemon, dan juga madu. Raisa yakin bahwa dengan meminum ramuan tersebut akan membuat tenggorokannya lebih rileks sehingga dia bisa tampil secara maksimal di depan para penggemar. Ramuan dari Raisa ini tampaknya bisa dicoba oleh siapa saja yang menginginkan suara lebih bagus. 

2. Cakra Khan

Berbeda dengan musisi yang lain, ritual dan kebiasaan Cakra Khan ini akan membuat kamu mengernyitkan dahi. Laki-laki kelahiran 27 Februari 1992 tersebut umumnya sering mengonsumsi makanan pedas sebelum naik ke atas panggung. Cakra Khan mempercayai bahwa mengonsumsi makanan pedas akan membuat tenggorokannya lebih lentur. 

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan pedas juga akan membuat dirinya berkeringat sehingga terasa lebih bersemangat lagi ketika tampil di atas panggung menghibur para penggemarnya. Cakra Khan juga selalu mengonsumsi air lemon setiap pagi. Kebiasaan ini juga sudah dilakoni sedari dulu. 

3. Tulus

Penyanyi lagu Hati Hati di Jalan yang satu ini memiliki kebiasaan unik dan ritual yang kerap dilakukan sebelum naik ke atas panggung. Selain suka menyendiri, cowok pemilik nama asli Muhammad Tulus Rusydi ini memiliki kebiasaan yang cukup aneh. Tidak jauh dengan jurusan kuliahnya, ia kerap menggambar sebelum manggung. 

Selain menggambar, Tulus juga suka menulis. Kebiasaan unik yang dimiliki oleh musisi ini sudah dilakukan sejak lama. Mungkin Tulus menemukan ketenangan atau bahkan kepercayaan dirinya usai melaksanakan kegiatan tersebut. Tidak berhenti di situ saja, setelah pentas ia juga memiliki kebiasaan mendengarkan lagu apa pun, baik di belakang panggung atau di mobil.  

4. Petra Sihombing

Musisi Petra Sihombing juga mempunyai kebiasaan unik sebelum manggung. Ritual yang dilakukan oleh Petra hampir mirip dengan Tulus. Kebiasaan yang dimiliki oleh musisi tersebut menyendiri selama 15 menit. Petra juga mempunyai kebiasaan minum air putih sebelum naik panggung. 

Selain lebih fit, minum air putih juga akan menjaga suasana hatinya supaya selalu baik. Karena, ketika suasana hati dalam keadaan baik, tampil menghibur penggemar di panggung juga akan terasa jauh lebih maksimal. 

5. Sheryl Sheinafia

Sebagai seorang musisi kenamaan, Shery Sheinafia selalu melakukan ritual dan kebiasaan unik sebelum menghibur para penggemar. Penyanyi yang kerap berakting ini selalu melakukan lip trill. Lip trill merupakan salah satu metode latihan vokal dengan menggetarkan bibir sambil membuat nada dari gerakan ini. 

Tujuan dilakukan metode ini adalah untuk menghindarkan musisi supaya tidak bersuara cempreng saat bernyanyi di atas panggung. Walaupun bagian dari persiapan pentas, banyak kru dan rekan satu tim Sheryl sering merasa terganggu, lho. Walaupun demikian, kegiatan tersebut merupakan sebuah bagian dari ritual pemanasan supaya suaranya prima. 

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement