Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Pakar Genetik: Jenis Kelamin Terbentuk Sejak Janin, Seksualitas Dipengaruhi Faktor Luar

Rabu 18 May 2022 20:56 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi kampanye pro LGBT. Seksualitas seseorang dipengaruhi faktor dari luar, seperti lingkungan, sosial, psikologis, dan pergaulan.

Ilustrasi kampanye pro LGBT. Seksualitas seseorang dipengaruhi faktor dari luar, seperti lingkungan, sosial, psikologis, dan pergaulan.

Foto: Reuters
Pakar genetik menyebut seksualitas dipengaruhi oleh faktor luar, seperti pergaulan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ahli genetik Universitas Airlangga (Unair) Zakiyatul Faizah mengungkapkan penyebab seseorang menjadi penyuka sesama jenis tidak ada kaitannya dengan faktor genetik. Ia menjelaskan, manusia dibedakan secara jenis kelamin menjadi dua, yaitu laki-laki dan perempuan.

Laki-laki memiliki kromosom XY, sedangkan perempuan kromosom XX. Untuk dapat terbentuk laki-laki dan perempuan yang sempurna, perlu ada kromosom, gen, dan hormon yang normal.

Baca Juga

Dalam kondisi tertentu, muncul beberapa kelainan yang mengakibatkan tidak terbentuknya laki-laki dan perempuan yang sempurna. Kelainan ini bisa terjadi pada tingkat kromosom, gen, maupun hormonal. Spektrum kelainan ini juga sangat luas, dari yang tidak berbahaya sampai mengancam jiwa.

"Bisa jadi seseorang berpenampilan laki-laki, tapi memiliki kromosom wanita atau sebaliknya," kata Faizah, Rabu (18/5/2022).

Faizah menjelaskan, kelainan pada gen penentu jenis kelamin dapat memengaruhi bentuk organ kelamin dan ciri seksual sekunder seseorang. Untuk memastikan kelainan tersebut perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium karena tidak bisa hanya dengan klaim sepihak.

Biasanya, menurut Faizah, pada orang yang mengalami kelainan pada jenis kelaminnya diberi pilihan untuk menjadi laki-laki atau perempuan. Tentunya dengan melalui pemeriksaan dan konsultasi secara holistik.

"Jenis kelamin itu berbeda dengan gender dan seksualitas," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA