Friday, 9 Zulhijjah 1443 / 08 July 2022

Pengamat: Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil Lebih Berpeluang Jadi Cawapres

Kamis 19 May 2022 04:45 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Agus Yulianto

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Foto: istimewa/doc pribadi
Ganjar dan Ridwan tidak punya perahu yang mengusungnya menjadi Capres. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengatakan, peluang Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil untuk menjadi calon presiden (Capres) tampaknya relatif kecil. Sebab, mereka tidak punya dukungan partai yang mengusungnya menjadi Capres. 

"Meskipun bila dilihat dari elektabilitasnya, Ganjar dan Ridwan sebenarnya layak menjadi capres. Keduanya sebenarnya relatif kompetitif. Masalahnya, Ganjar dan Ridwan tidak punya perahu yang mengusungnya menjadi Capres. Jadi, mereka lebih berpeluang menjadi Cawapres," katanya pada Rabu (18/5/2022).

Menurut dia, Ganjar merupakan kader PDIP tapi PDIP sudah punya Puan Maharani untuk diusung menjadi Capres. Karena itu, tampaknya sudah tertutup pintu bagi Ganjar untuk posisi capres di PDIP.

"Ganjar juga akan sulit diusung Golkar sebagai capres. Sebab, Golkar sudah menetapkan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebagai Capres," kata dia.

Sementara Ridwan, yang lebih dekat dengan Nasdem, tampaknya akan kalah bersaing dengan Anies Baswedan. Di Golkar juga peluangnya untuk Capres dapat dikatakan sudah tertutup.

"Jadi, Ganjar dan Ridwan tampaknya masih punya peluang untuk posisi cawapres di poros Golkar, PPP, PDIP dan sebagainya," kata dia.

Baca juga : PAN Ngaku Dekat dengan RK, Anies, dan Ganjar

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA