Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Shin Tae-yong Punya Strategi Khusus untuk Kalahkan Thailand

Rabu 18 May 2022 18:37 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong.

Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong.

Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Shin mengaku sudah mempelajari kelemahan-kelemahan Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong mengaku sudah mempersiapkan cara untuk mengalahkan Thailand di semifinal SEA Games 2021 Vietnam. Ia mengakui Indonesia punya catatan yang kurang bagus saat berhadapan dengan Thailand, tapi pelatih asal Korea Selatan itu optimistis menatap laga semifinal nanti.

Laga tersebut akan digelar di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, pada Kamis (19/5/2022). Ini menjadi pertemuan ketiga antara Shin dengan pelatih Thailand Alexandre Mano Polking. Shin mengaku sudah mempelajari kelemahan-kelemahan Thailand yang bisa dimanfaatkan oleh skuad Garuda Muda untuk meraih kemenangan.

Baca Juga

"Memang kita kalah di AFF Suzuki Cup, tapi situasi kali ini berbeda. Kali ini turnamen U-23 dan kami pun punya banyak persiapan untuk meraih kemenangan melawan Thailand. Jadi bisa saksikan langsung di pertandingan besok," kata Shin, Rabu (18/5/2022).

Shin mengakui Thailand merupakan salah satu pesaing terkuat di turnamen ini bersama dengan Vietnam dan Malaysia. Tapi ia memastikan skuad Garuda Muda bisa memperoleh hasil terbaik jika berusaha semaksimal mungkin.

Shin mengingatkan para pemainnya untuk selalu fokus selama pertandingan. "Thailand adalah tim yang baik, jadi tidak boleh lengah sama sekali," jelasnya.

Sementara itu, di saat ketiga tim di empat besar, yaitu Thailand, Malaysia dan Vietnam, ingin berhadapan dengan Indonesia, Shin menegaskan sejak awal tidak mau memilih lawan mana yang sebaiknya dihadapi di semifinal maupun final. Shin memastikan skuad Garuda Muda siap menghadapi tim mana pun.

"Pihak pelatih bisa saja bicara mau bertemu dengan tim mana, tetapi kita semua tidak tahu hasil pertandingan akan seperti apa. Kalau saya tidak berpikir ingin bertemu siapa di final, tetapi lebih fokus untuk pertandingan, dari pada memikirkan itu, lebih baik menuangkan 100 persen untuk laga besok," kata Shin menegaskan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA