Rabu 18 May 2022 17:45 WIB

Kediri Edukasi Kesehatan Jamaah Calon Haji.

Kota Kediri memberikan edukasi terkait dengan kesehatan kepada jamaah calon haji.

Jemaah calon haji memilih pernak pernik haji usai mengikuti upacara pelepasan jemaah calon haji di Kediri, Jawa Timur, Rabu (10/7/2019).
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Jemaah calon haji memilih pernak pernik haji usai mengikuti upacara pelepasan jemaah calon haji di Kediri, Jawa Timur, Rabu (10/7/2019).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kota Kediri memberikan edukasi terkait dengan kesehatan kepada calon jamaah haji tahun 2022."Kami memberikan edukasi kepada para calon jamaah haji untuk mempersiapkan diri mereka agar nanti dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk tanpa hambatan. Pemberangkatan jamaah haji kembali dilakukan setelah sempat terhenti dua tahun karena pandemi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dokter Fauzan Adima di Kediri, Selasa (18/5/2022).

Fauzan menambahkan, persyaratan dalam pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2022 ini jauh lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adalah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan harus sudah melakukan vaksinasi booster COVID-19 dan lolos tes PCR sebelum melakukan penerbangan ke Tanah Suci.

Baca Juga

"Kebijakan itu diambil, karena pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini masih dalam suasana pandemi COVID-19," katanya.

Untuk itu, kegiatan edukasi ini penting dilakukan agar calon jamaah haji mempunyai bekal serta memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ibadah haji.Fauzan juga mengingatkan kepada calon jamaah haji untuk selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

Dia tidak ingin nantinya terjadi kegagalan keberangkatan calon jamaah haji karena hasil tes PCR positif COVID-19."Saya sarankan mulai saat ini calon jamaah haji berkomitmen bersama keluarga masing-masing untuk melakukan karantina mandiri. Mulai mengurangi kegiatan keluar rumah yang tidak begitu penting, serta menjaga pola makan, olahraga, istirahat yang cukup untuk mempersiapkan fisik saat ibadah haji mendatang," kata Fauzan.

Untuk kuota calon jamaah haji dari Kota Kediri, Fauzan mengatakan informasi dari Kementerian Agama menyebutkan bahwa tahun 2022 ini, kuota dibatasi hanya 107 orang yang bisa berangkat.

"Kuota calon jamaah haji dibatasi hanya 107 orang untuk Kota Kediri. Untuk batas umur yang diperbolehkan mengikuti ibadah haji maksimal 64 tahun. Dengan banyaknya syarat tersebut, saya harap acara ini dapat membantu persiapan mereka," kata Fauzan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement