Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Elly Risman: Orang Tua Perlu Bersinergi dengan Sekolah di Era Pandemi

Rabu 18 May 2022 08:37 WIB

Red: Irwan Kelana

Psikolog Ely Risman (kiri).

Psikolog Ely Risman (kiri).

Foto: Dok Bosowa School
Pandemi memberi kesempatan pada orang tua memperbaiki pola asuh yang sempat keliru.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Psikolog Elly Risman Psi menegaskan pentingnya sinergi orang tua dan sekolah di era pandemi. Ia mengemukakan sejumlah alasan. Antara lain, orang tua umumnya tidak tahu isi mata pelajaran dan cara menggunakan teknologi untuk belajar online.

Selain itu, teknologi  canggih mengharuskan anak dan ortu melakukan penyesuaian diri terus  menerus.  Di samping itu, anak-anak tumbuh dan berkembang sangat cepat. “Anak-anak menghadapi godaan gadget, games, pornografi dan narkoba yang merusak otak,” kata Elly Risman saat mengisi webinar  parenting “Membangun Sinergi Orang Tua dan Sekolah”, pada Sabtu (14/5). Webinar parenting itu diadakan oleh Bosowa School bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) . 

Ia mengemukakan, pandemi  Covid-19 berdampak besar pada siswa. Salah satunya perubahan pola belajar.  Di sisi lain, pandemi memberi  kesempatan kepada orang tua untuk memperbaiki pola asuh anak.

“Pola pengasuhan pada usia dini sangat memengaruhi perkembangan kepribadian anak. Pandemi  memberi kesempatan anak dan orang tua kembali ke rumah dan memperbaiki  pola asuh yang sempat keliru,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (17/5).

Elly menambahkan, peran orang tua, terutama ayah sangat penting dalam membangun konektivitas anak dengan orang  tua.  “Konektivitas anak dengan orang tua  dimulai sejak kecil dengan kehadiran dan peran  kedua orang tua terutama ayah,” tuturnya.

Donni Syamsudin, Branch Manager BSI KCP Pratama Cibinongjuga mengatakan  pentingnya orang tua  bersinergi dengan anak-anaknya.  “Keberhasilan dunia pendidikan dipengaruhi sinergi orang tua dan siswa.  Salah satunya berupa ide yang inovatif,” kata Donni.

Wakil Direktur Pengembangan Akademik Sekolah Bosowa Eko Ariyanto mengatakan, webinar ini merupakan bentuk  dukungan   BSI terhada kolaborasi orang tua dan sekolah.  Selain itu, dalam rangka transformasi Bosowa menjadi dynamic integrated school sejak 2108.  “Bosowa School berkomitmen untuk mengembangkan potensi siswa dan siswi secara maksimal dengan mengorelasikan Pendidikan dengan tugas perkembangan,” kata Eko Ariyanto.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA