Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nurul jubaedah

3 Manfaat Personal Branding untuk Kemajuan Karir

Eduaksi | Tuesday, 17 May 2022, 16:06 WIB

3 Manfaat Personal Branding untuk Kemajuan Karir

(Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag guru SKI di MTsN 2 Garut)

Personal branding merupakan proses kegiatan di mana keterampilan, kepribadian, dan ciri khas seseorang menjadi identitas yang memiliki kekuatan di atas orang lain. Personal branding adalah proses pembentukan persepsi dan citra publik terhadap aspek-aspek penting dari kepribadian seseorang, yaitu kepribadian, kompetensi, orisinalitas, gaya berpakaian, perilaku atau komunikasi yang menjadi karakteristik yang dikelola secara konsisten dan menjadi prasyarat utama untuk menciptakan citra merek pribadi.

Personal branding adalah bagaimana kita secara sistematis mempromosikan diri kita kepada orang lain. Personal Branding adalah seni untuk secara aktif menarik dan memelihara kesadaran publik. Mirip dengan dalam manajemen bisnis, personal branding dapat dibangun dari orang, nama, tanda, simbol atau desain yang dapat digunakan sebagai pembeda dari pesaing. Personal branding dibentuk dari kegiatan sehari-hari yang sebenarnya, dengan tujuan untuk membangun nama baik di masa depan.

4 Manfaat Personal Branding untuk kemajuan karir :

1. Membangun Kredibilitas.

Kredibilitas adalah kemampuan (ability), kualitas, atau kekuatan yang dapat menimbulkan rasa percaya. Caranya yaitu, buatlah orang lain merasa bahwa kita menghormati mereka, sehingga kita dapat dengan mudah membangun reputasi kita di lingkungan kerja. Memiliki prinsip selalu terbuka untuk belajar, menjadi pendengar yang baik, berempati dan menjaga ucapan saat mengkomunikasikan sesuatu atau menanggapi apa yang ditanyakan orang lain.

Selesaikan tugas kerja tepat waktu, tepati janji, tingkatkan produktivitas kerja. Harus tegas pada diri sendiri, orang yang berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman akan mudah mendapatkan positive image. Kita perlu menghargai dan mengakui pencapaian dan kinerja orang-orang di sekitar kita. Ini akan memudahkan kita untuk bekerja sama menuju kesuksesan.

Memiliki garis yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tetap semangat dan termotivasi untuk menjalani kehidupan profesional di kantor. Perhatikan cara kita berpakaian di kantor. Secara teratur menawarkan bantuan kepada orang lain. Bersikap penuh perhatian kepada orang-orang di lingkungan kantor. Ungkapkan rasa terima kasih anda kepada orang-orang di kantor. Dan temukan seorang mentor yang dapat membantu membangun kredibilitas.

2. Berbeda dengan Pesaing.

Pesaing akan berdampak positif pada sebuah karir/bisnis, jika kita mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing kita dan belajar dari kesalahan mereka. Lakukan riset yang dapat memetakan pesaing kita secara menyeluruh. Prinsipnya adalah kami mengambil yang baik dan yang buruk kami perbaiki.

Pesaing adalah pendorong bagi kita untuk berbenah, jika kita ingin sukses dalam persaingan karir/bisnis, maka mari kita perhatikan pesaing kita, biarlah segala pro dan kontra terjadi. Intinya akan menjadi bahan introspeksi kita. Berikan sentuhan baru sehingga akan menjadi sebuah ciri khas.

Jika kita dapat mengekspos semua yang kita serap malalui karakteristik kita, itu akan berdampak sangat baik pada kualitas personal branding yang kita miliki. Jalan menuju kemenangan dalam persaingan terbuka, sehingga kita akan lebih dikenal khalayak ramai.

Mungkin banyak dari kita yang masih berusaha mencari keunikan dari personal branding yang kita miliki, namun pola pikirnya sama, pemikirannya konvensional, konservatif dan cenderung menghindar dari wilayah keamanannya. Jika kita terus seperti ini, kita pasti tidak akan pernah punya ide baru.

Berpikirlah dengan berani, keluar dari zona nyaman anda, tantang diri anda untuk tetap tajam dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Berpikir dengan lensa dan cakrawala baru, untuk menemukan keunikan dari diri anda.

3. Memperluas Jaringan.

Jika anda serius membangun karir menggunakan media sosial, jangan hanya digunakan untuk mengunggah foto selfie. Tentunya saat menggunakan jejaring sosial, anda ingin bersosialisasi dengan teman atau orang yang sudah anda kenal. Bahkan ada beberapa dari mereka atau teman yang tidak anda kenal.

Di jejaring sosial, anda dapat berbagi ide, berkolaborasi secara kreatif, berdebat, mencari teman, mitra bisnis, kolega, dan membuat komunitas. Jaringan yang luas atau jaringan pertemanan akan sangat membantu anda, baik untuk pekerjaan maupun bisnis.

Ketika anda memiliki jejaring sosial, usahakan untuk menulis atau membagikan konten yang layak dibaca, dinikmati, berkualitas, menarik dan tidak mengandung SARA, pornografi. Cobalah untuk beropini, berbagi pengetahuan tentang apa pun. Posting artikel atau konten yang bermanfaat dan bisa dijadikan referensi. Tujuannya adalah untuk membuat konten yang berguna di lingkaran anda.

Daftar Pustaka

Cindy Yunitasari dan Edwin Japarianto, Analisa Faktor-faktor Pembentuk Personal Branding dari CYN, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol.1, No.1 (2013) 1-8, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Haroen, Dewi. 2012. Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Robby Firmansyah, Agung Eko Budiwaspada, Agus Sachari, Persepsi Visual Elemen Nilai Personal Brand pada Media Kampanye Ridwan Kamil, Jurnal Sosioteknologi, vol.16, No.3, Desember 2017, Institut Teknologi Bandung.

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 1 buku solo, 18 buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 50 artikel (Oktober 2021 - Mei 2022). Blog : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : [email protected]. Whatsapp : 081322292789.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image