Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Jangan Lakukan Ini Jika Usia Sudah di Atas 50

Selasa 17 May 2022 23:29 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Jangan lakukan ini jika usia Anda sudah di atas 50 tahun (ilustrasi).

Jangan lakukan ini jika usia Anda sudah di atas 50 tahun (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Pada saat usia di atas 50 tahun, banyak hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menua adalah proses alami yang tak terhindarkan bagi manusia. Namun penuaan dapat dikelola.

Pada saat usia di atas 50 tahun, banyak hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan. Ahli geriatri, dr James Dan, memberikan saran kesehatan bagi Anda yang ingin "mengelola" penuaan. Berikut penjelasannya seperti dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (17/5/2022):

Baca Juga

1. Bertingkah seperti berusia 20 tahun

Hal pertama yang disarankan adalah berhenti bertingkah seolah Anda masih berusia 20-an. Tubuh Anda benar-benar berbeda dalam hal fisiologi penuaan dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda ubah.

Anda harus belajar bagaimana mengelola dan menghadapi perubahan yang tak terhindarkan. Sistem muskuloskeletal  tidak memiliki fleksibilitas dan kekuatan seperti dulu pada masa muda. Akibatnya, Anda lebih rentan jatuh dan cedera. Selain itu, indra penglihatan, pendengaran, dan keseimbangan mulai berkurang seiring waktu.

Anda harus beradaptasi dengan melakukan hal-hal yang mengakui keterbatasan ini. Latihan harus berdampak lebih rendah dan tingkat intensitas yang lebih rendah agar lebih aman dan menghindari risiko cedera.

"Saya merekomendasikan latihan yang membangun kemampuan aerobik dan muskuloskeletal Anda," ujarnya.

Aktivitas sederhana seperti berjalan, bersepeda, dan berenang adalah contoh yang baik dari latihan aerobik. Berkebun, latihan peregangan, dan kegiatan rekreasi lainnya juga dapat menjadi aerobik. Semua kegiatan ini melibatkan pikiran dan membantu menjaga para manula tetap waspada dan tajam, sambil juga membantu meningkatkan pengkondisian, kekuatan, mobilitas, dan daya tahan.

2. Mengabaikan tubuh

Hal kedua yang harus dihentikan adalah mengabaikan tubuh dan tidak mencari bantuan. Ini adalah salah satu kebiasaan terpenting yang harus dihentikan oleh seseorang yang berusia di atas 50 tahun.

Tubuh Anda tahu kapan ada sesuatu yang salah. Anda harus mendengarkannya.

Melakukan hal itu dapat membantu mengurangi efek penuaan. Tubuh mengomunikasikan stres dan ketegangannya melalui rasa sakit atau ketidaknyamanan.  Sendi ini sakit, aktivitas itu menyebabkan nyeri dada, dan sebagainya.

Dengarkan dan cari perawatan medis reguler dari dokter yang berkualifikasi jika kejadian seperti itu terjadi. Mencari perawatan dini ketika tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda peringatan dapat mengurangi kejadian dan keparahan penyakit, membantu Anda menghindari masalah kesehatan yang serius.

3. Menghindari dokter

Hal ketiga yang harus dihentikan setelah usia 50 tahun adalah menghindari dokter. Pemeriksaan rutin, bahkan jika tanpa gejala, adalah suatu keharusan bagi mereka yang berusia atau mendekati usia lanjut.

Menghadiri janji temu ini dapat membantu mendeteksi penyakit yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebaliknya. Umumnya, semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan memiliki masalah yang mengintai.

4. Perilaku tidak sehat

Hal keempat yang harus dihentikan adalah melakukan perilaku makan, minum, dan tidur yang tidak sehat. Menyeimbangkan nutrisi dan banyak istirahat adalah formula yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan otak Anda. Secara khusus, diet kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat dan biji-bijian sangat penting untuk memiliki otak yang sehat dan bahagia.

Diet mediterania, DASH, dan MIND semuanya layak dipertimbangkan karena telah dikaitkan dengan penurunan risiko penurunan kognitif. Karena itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan apa pun pada diet atau jadwal tidur.

5. Kesehatan mental

Hal kelima yang harus dihentikan adalah "menghindari" kesehatan mental. Seseorang dapat menjalani kehidupan yang bahagia dengan banyak kelemahan fisik, tapi jika depresi dan kecemasan menonjol, penuaan yang bahagia hampir tidak mungkin. Risiko ini dapat diatasi dengan interaksi sosial rutin, ikatan keluarga yang kuat, dan spiritualitas. 

6. Jaga otak

Hal penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan setelah usia 50 tahun adalah menjaga pikiran tetap aktif. Kegiatan seperti permainan kata, teka-teki jigsaw, menari dan meditasi harian semuanya merangsang otak dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memori, koordinasi tangan-mata, keterampilan berpikir kritis dan banyak lagi. Kegiatan ini tidak hanya mudah dilakukan tetapi juga dapat diakses dengan mudah.

7. Aktif

Rahasia terbesar untuk merasa lebih baik dan hidup lebih lama adalah tetap aktif, baik secara fisik maupun mental. Anda tidak bisa membiarkan perilaku buruk seumur hidup Anda berlanjut hingga usia 50-an dan memengaruhi bagaimana Anda menua.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA