Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Cara Download dan Upgrade Ponsel ke Android 13 Beta

Selasa 17 May 2022 18:41 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Android 13

Android 13

Foto: xda developer
Pembaruan beta tidak stabil dan sering memiliki banyak bug.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Android 13 beta sekarang tersedia untuk diunduh. Pengguna dapat mem-flash-nya di ponsel cerdas mereka dengan risiko mereka sendiri jika ingin menguji versi terbaru Android. Untuk ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftarkan ponsel Pixel Anda di program Android Beta.

Dilansir dari India Today, Selasa (17/5/2022), sebagian besar ponsel Pixel memenuhi syarat untuk pembaruan Android 13 beta terbaru. Daftar tersebut termasuk Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G, Pixel 5, Pixel 5aa, Pixel 6, dan Pixel 6 Pro.

Baca Juga

Ponsel-ponsel lain antara lain OnePlus 10 Pro, Asus Zenfone 8, Lenovo P12 Pro, Nokia X20, Oppo Find N, Oppo Find X5 Pro, Realme GT 2 Pro, Vivo X80 Pro, seri Xiaomi 12, dan Tecno Camon 19 Pro juga memenuhi syarat. Jika Anda memiliki salah satu ponsel ini, maka Anda akan dapat menguji Android 13.

Cara menginstal Android 13 beta dengan mudah di ponsel Pixel:

1. Masuk ke halaman Program Android 13 Beta resmi Google.

2. Masuk ke akun Google Anda jika belum.

3. Di halaman Android, Anda akan melihat tombol “View your eligible devices” di bagian atas layar.

4. Jika perangkat Anda memenuhi syarat, maka Anda akan mendapatkan tombol “Opt in”. Cukup klik di atasnya.

5.  Anda sekarang diminta untuk memilih program beta. Google akan menampilkan dua opsi, termasuk program Android 12 dan Android 13 beta.

Catatan: Anda dapat memilih yang terakhir jika perangkat Anda tidak menjalankan Android 12 beta. Jika ini masalahnya, maka Anda harus memilih keluar dari versi yang lebih lama terlebih dahulu sebelum menginstal versi beta terbaru.

6. Baca syarat serta ketentuan dan gulir ke bawah. Anda kemudian perlu mencentang kotak “Saya setuju dengan persyaratan program beta”.

7. Ketuk tombol Confirm and enroll untuk menyelesaikan proses pendaftaran untuk program beta.

Catatan: Setelah Anda menyelesaikan prosesnya, Anda akan menerima pembaruan OTA. Seseorang dapat menunggu pemberitahuan sistem atau memeriksa pembaruan secara manual di bagian pengaturan > System >System update. Setelah menginstal pembaruan Android 13 beta, Anda akan diminta untuk me-reboot ponsel cerdas Anda, setelah itu Anda dapat mulai menguji versi Android 13 beta terbaru di ponsel Pixel Anda.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA