Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Situ Bagendit, Ikon Wisata Garut akan Diresmikan Presiden

Rabu 18 May 2022 03:30 WIB

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto

Suasana Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut,

Suasana Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut,

Foto: Diskominfo Kabupaten Garut.
Kunjungan wisatawan ke danau dengan pemandangan Gunung Guntur itu cukup ramai. 

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Objek wisata Situ Bagendit di Kabupaten Garut telah rampung direvitalisasi. Meski belum diresmikan, tapi objek wisata itu telah dibuka untuk umum. Termasuk pada momen libur lebaran kemarin. Bahkan renancannya, obyek wisata Situ Bagendit ini akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada akhir Mei atau awal Juni 2022. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, mengatakan, kunjungan wisatawan ke danau dengan pemandangan Gunung Guntur itu cukup ramai pada momen libur panjang kemarin. Dia menyebutkan, terdapat sekitar 30 ribu wisatawan yang datang ke Situ Bagendit selama tujuh hari momen libur lebaran.

"Kemarin itu lumayan banyak (wisatawan yang berkunjung ke Situ Bagendit)," kata dia saat dihubungi Republika, Selasa (17/5/2022).

 

photo
Presiden Joko Widodo (kiri) mengikuti potong rambut massal di area wisata Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat. (Antara/Puspa Perwitasari)
 

Dia menjelaskan, Situ Bagendit saat ini memang telah jauh berbeda dengan kondisi sebelum direvitalisasi pada 2020. Di Gate 1, misalnya. Budi menyebutkan kondisi di tempat itu sudah tertata dengan baik. 

Jalur pedestrian sudah dibuat memadai. Taman-taman juga telah dipercantik. Selain itu, lanskap di kawasan itu juga dimanfaatkan dengan membuat ampliteater, taman teratai, restoran, dermaga, dan berbagai spot foto, di atas danau.

Budi menambahkan, tempat parkir juga sudah tertata dengan baik. Di dekat tempat parkir juga tersedia bermacam gerai UMKM yang menjajakan produk khas Kabupaten Garut.

"Lalu, berbagai tempat lain di Situ Bagendit juga telah ditata dengan sangat baik. Bahkan ada tempat khusus anak," kata dia.

Dia menyakini, Situ Bagendit akan menjadi salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Garut. Apalagi, rencananya peresmian Situ Bagendit usai direvitalisasi rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Rencananya akan diresmikan akhir Mei atau awal Juni," kata dia.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA