Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Paman Birin Kenang Sejarah Pahlawan Nasional Hasan Basry

Selasa 17 May 2022 17:06 WIB

Red: Hiru Muhammad

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor pimpin ziarah rombongan ke makam pahlawan nasional Brigjen TNI H. Hasan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru pada Selasa (17/5/2022).

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor pimpin ziarah rombongan ke makam pahlawan nasional Brigjen TNI H. Hasan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru pada Selasa (17/5/2022).

Foto: istimewa
Semangat juang para pahlawan yang terus bergerak harus diwarisi oleh generasi penerus

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU--Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor pimpin ziarah rombongan ke makam pahlawan nasional Brigjen TNI H. Hasan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru pada Selasa (17/5/2022).

Ziarah ini dalam rangka peringatan HUT ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Tampak hadir Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito dan Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar serta tamu undangan lainya.

Baca Juga

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel bersama Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dan Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar terlihat kompak mengenakan pakaian pejuang.

Prosesi ziarah dilakukan dengan melakukan tabur bunga ke makam pahlawan nasional Brigjen TNI H. Hasan Basry yang merupakan putra asli Kabupaten Hulu Sungai Selatan tersebut.

Paman Birin mengatakan, proklamasi pemerintahan gubernur tentara ALRI sebagai bentuk perlawanan kepada penjajah dan pernyataan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Menurut Paman Birin, semangat juang para pahlawan yang terus bergerak harus diwarisi oleh generasi penerus"Semangat para pahlawan yang tak pernah lengkang oleh waktu untuk bergerak demi bangsa dan negara harus diwarisi generasi penerus" katanya.

Ketua Legiun Veteran Kalsel, Sandimin mengatakan, kegiatan seperti ini kiranya dapat terus dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan. 

Menurutnya, sosok Brigjen TNI H.Hasan Basry seorang pemimpin yang mampu menyatukan kekuatan di banua untuk melawan penjajah. Selain ziarah dan tabur bunga, peringatan  diisi dengan penyerahan bingkisan kepada sejumlah legiun veteran Kalsel. 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA