Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Kelompok teroris YPG/PKK Terus Rekrut Anak-Anak Berperang di Suriah

Rabu 18 May 2022 00:50 WIB

Red: Esthi Maharani

Setelah menderita kerugian besar di tengah operasi militer Turki di Irak utara dan Suriah, kelompok teror YPG/PKK memaksa anak di bawah umur untuk bertugas di zona pertempuran.

Setelah menderita kerugian besar di tengah operasi militer Turki di Irak utara dan Suriah, kelompok teror YPG/PKK memaksa anak di bawah umur untuk bertugas di zona pertempuran.

YPG/PKK memaksa anak di bawah umur bergabung dan bertugas di zona pertempuran

REPUBLIKA.CO.ID., AZAZ -- Setelah menderita kerugian besar di tengah operasi militer Turki di Irak utara dan Suriah, kelompok teror YPG/PKK memaksa anak di bawah umur untuk bertugas di zona pertempuran.

Tindakan YPG/PKK itu merupakan pelanggaran mencolok terhadap hukum perang dan perjanjian hak asasi manusia.

Kelompok teror itu menyatakan pengerahan anak di bawah umur sebagai tanggapan atas kampanye militer Turki di Irak utara, dan mereka sampai menggunakan kekuasaan mereka di Suriah untuk merekrut anak-anak berperang.

Baru-baru ini, sebuah posting di situs web yang terhubung dengan YPG/PKK menunjukkan sekelompok lebih dari 10 anak sedang membacakan pemberitahuan peringatan.

Praktik kelompok teroris itu menculik anak-anak dan mendorong mereka ke zona pertempuran bukanlah hal baru, seperti yang terlihat dalam Laporan Perdagangan Manusia Departemen Luar Negeri AS pada 2020.

Menurut laporan itu, YPG, cabang PKK di Suriah, merekrut secara paksa gadis-gadis berusia 12 tahun dari kamp-kamp pengungsi yang terletak di barat laut Suriah.

Selain itu, laporan kantor hak asasi manusia PBB (OHCHR) pada Januari 2020 mengatakan temuannya menunjukkan YPG/PKK menggunakan anak-anak sebagai petarung di Suriah.

Virginia Gamba, orang penting PBB untuk mengakhiri penggunaan petarung dari anak-anak, sebagai perwakilan khusus sekretaris jenderal untuk anak-anak dan konflik bersenjata, menandatangani rencana aksi dengan SDF – label yang digunakan YPG/PKK di Suriah – untuk mengakhiri dan mencegah perekrutan dan penggunaan anak di bawah umur di bawah 18 tahun.

Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa – telah bertanggung jawab atas kematian lebih dari 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG adalah cabang PKK di Suriah.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA