Selasa 17 May 2022 12:55 WIB

Marhaenis Jabar Dukung Capres Gen Marhaenis

Ganjar Pranowo sudah terlihat gen nasionalis dan mewakili kaum marhaenis. 

Halal bihalal Marhamenis Indonesia Jawa Barat.
Foto: Istimewa
Halal bihalal Marhamenis Indonesia Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Marhaenis Jawa Barat akan menentukan sikap dukungan kandidat Capres setelah bulan Juni mendatang. Penentuan sikap tersebut setelah KPU memutuskan parpol peserta pemilu 2024.

Dalam cara halal bihalal Marhamenis Indonesia Jawa Barat ini, dihadiri alumni GMNI, aktivis organisasi nasionalis, mahasiswa, guru, pedagang, polisi, petani, buruh, jurnalis, dan lain-kainnya, untuk menyamakan persepsi mengenai Pilpres 2024.

“Kegiatan halal bihalal ini untuk menyamakan persepsi kaum nasionalis dan marhaenis untuk melihat peluang untuk bisa menduduki tampuk kepemimpinan nasional di 2024,” kata koordinator acara halal bihalal, Pamriadi di Aryaduta, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (17/5).

Selain silaturahim, pada acara halal bihalal tersebut, dilakukan pemaparan tiga lembaga survey nasional tentang calon presiden pada 2024 mendatang. Ketiga lembaga survey ini yakni Charta Politika, Saiful Mujani Research and Consulting, dan Indikator .

“Dari pemaparan ketiga lembaga terkini, terdapat 3 calon presiden yang mengemuka, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, ” kata Pamriadi.

Dari pemaparan tersebut, lanjutnya, menjadi bahan diskusi siapa yang akan didukung oleh kaum marhaenis dan nasional. Salah satu hal penting adalah siapa kandidat capres ini yang memiliki ideologi dan gen nasionalis.

“Sampai saat ini, kaum marhaenis Jawa Barat belum menentukan pilihannya. Namun, dari paparan tadi, terlihat Mas Ganjar Pranowo paling tinggi elektabilitasnya, apalagi dia alumni GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia-Red), ” ujarnya.

Ganjar Pranowo, kata dia, sudah terlihat gen nasionalis dan mewakili kaum marhaenis. Meski begitu, proses politik masih berlangsung dan pihak marhenis Jawa Barat akan segera mengambil sikap politik. 

“Sekiranya kita akan mengambil sikap setelah partai politik mana saja yang masuk dalam kontestasi di Pemilu 2024,” paparnya.

Dari paparan temuan survey SMRC di Jawa Barat, Prabowo Subianto 28.7 persen, Anies Baswedan 27,0 persen, dan Ganjar Pranowo 25,1 persen. Indikator merilis Ganjar Pranowo memperoleh 26,7 persen, Prabowo Subianto 23,9 persen, dan Anies Baswedan 19,4 persen. Sedangkan Charta Politika Indonesia merilis survey Ganjar Pranowo 29,2 persen, Prabowo Subianto 23,0 persen, dan Anies Baswedan 20,2 persen.

Haul Bung Karno

Acara halal bihalal Marhaenis Indonesia Jawa Barat ini berencana akan mengunjungi makam Bunga Karno. Kota Blitar, ”Kaum marhaenis Jawa Barat akan ikut dalam berziarah ke makam Bung Karno pada 20-23 Juni mendatang,” tegas Pamriadi.

Menurutnya, ziarah ke makam Bung Karno tersebut bertepatan dengan kegiatan haul proklamator ini pada 21 Juni. Kegiatan ziarah ini sekkaigus memeriahkan bulan Bung Karno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement