Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Kesehatan Otak

Selasa 17 May 2022 10:13 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Sayur dan buah (ilustrasi). Sayur merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menjaga kesehatan otak.

Sayur dan buah (ilustrasi). Sayur merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menjaga kesehatan otak.

Foto: Republika/Prayogi
Makanan tertentu dapat membantu membuat otak lebih kuat, lebih tajam dan lebih pintar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Otak adalah mesin yang disetel halus yang bertanggung jawab untuk menjaga jantung dan organ vital lainnya berfungsi dengan baik. Otak adalah kunci di balik hampir segalanya seperti pikiran, ingatan, fokus, gerakan, pernapasan, detak jantung dan sebagainya.

Dilansir dari swirlster pada Selasa (17/5), bagaimana Anda berpikir, apa yang Anda lihat dan kemana Anda bergerak, semuanya dikendalikan oleh otak. Oleh karena itu, penting untuk menjaga bagian tubuh ini bekerja dengan baik.

Baca Juga

Tubuh ini membutuhkan makanan untuk tetap fit ada nutrisi tertentu yang dibutuhkan otak untuk memperbaiki dan membangun sel-sel otak dan mencegah penyakit saraf.  Makanan tertentu dapat membantu membuat otak lebih kuat, lebih tajam dan lebih pintar.

Berikut lima makanan yang harus dikonsumsi untuk kesehatan otak:

1. Minum Teh atau Kopi

Minuman ini benar-benar membangunkan tubuh di pagi hari. Kafein dan antioksidan yang ada dalam minuman itu baik untuk otak. Kopi secara khusus juga terkait dengan peningkatan kapasitas pemrosesan informasi otak.  Teh hijau adalah sumber yang sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan aktivitas neurotransmitter juga.

2. Sayuran

Sayuran seperti brokoli, bayam dan kangkung adalah sumber vitamin K dan beta karoten yang baik. Beta karoten berkaitan dengan peningkatan memori dan memperlambat penurunan kognitif. Beberapa sayuran juga mengandung efek antiinflamasi dan antioksidan yang melindungi otak dari kerusakan.

3. Coklat Hitam

Makan cokelat hitam baik untuk otak. Cokelat hitam mengandung kakao yang dikemas dengan antioksidan yang disebut flavonoid. Mereka terkait dengan bagian otak yang berkaitan dengan pembelajaran dan memori. Mengunyah sebatang cokelat hitam juga dapat merangsang aliran darah dan dianggap sebagai penambah suasana hati juga.

4. Telur

Telur baik untuk menjadi sumber yang baik dari Vitamin B6, Vitamin B12 dan sebagainya. Vitamin ini dikenal untuk menurunkan kemungkinan penyakit alzheimer dan demensia. Telur kaya akan nutrisi yang disebut kolin yang meningkatkan kesehatan otak dan memungkinkan fungsi yang lebih lancar dan perkembangan yang lebih cepat.

5. Kacang

Kacang-kacangan, biji-bijian, sumber lemak dan protein sehat nabati adalah makanan peningkat otak yang mengandung asam lemak Omega 3 dan Vitamin E. Siapkan sebotol almond, biji bunga matahari atau kacang tanah di dekat meja Anda dan kunyahlah secara teratur. Makanan itu berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak dan mengasah memori dari waktu ke waktu. 

Ada banyak makanan ramah otak seperti ikan berlemak, salmon atau tuna, buah-buahan seperti blueberry, jeruk, kiwi, dan biji-bijian, termasuk beras merah, oatmeal, dll. Beberapa di antaranya bekerja untuk perlindungan otak sementara beberapa di antaranya adalah  bertanggung jawab untuk memori dan perkembangan otak.  

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA