Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Ten Hag Berharap Ronaldo Tetap Bertahan di Manchester United

Senin 16 May 2022 19:40 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Erik ten Hag

Erik ten Hag

Foto: AP/Peter Dejong
Ronaldo menjadi salah satu figur penting di ruang ganti pemain Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih anyar Manchester United, Erik Ten Hag, menegaskan keinginannya untuk tetap melihat Cristiano Ronaldo di skuad United pada musim depan.

Kendati baru satu musim memperkuat United, bintang asal Portugal itu dikabarkan siap meninggalkan Setan Merah lantaran kegagalan finish di empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan.

Ronaldo, tutur Ten Hag, telah menjadi salah satu figur penting di ruang ganti pemain United. Tidak hanya itu, meski Ronaldo telah menginjak usia 37 tahun, pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu dianggap masih mampu tampil di level tertinggi dan memberikan kontribusi terhadap performa United pada musim depan.

''Ronaldo adalah raksasa, karena apa yang telah dia tunjukan. Dia juga masih sangat ambisius. Tentu saja, saya ingin mempertahankannya. Dia sudah menjadi bagian penting buat Manchester United pada tahun ini dan bisa memproduksi statistik yang bagus,'' kata Ten Hag kepada De Telegraaf, Senin (16/5).

Pelatih asal Belanda itu tidak mau membuang waktu untuk bisa segera United. Bahkan, Ten Haag rela melewatkan pesta kemenangan Ajax Amsterdam usai menjuarai Liga Belanda musim ini untuk terbang ke Manchester.

Ten Hag direncanakan hadir langsung di pusat latihan United di Carrington, Senin (16/5) waktu setempat. Eks pelatih tim junior Bayern Muenchen itu memang dihadapkan dengan tantangan besar pada musim depan.

Ten Hag diharapkan bisa mengangkat performa United setelah tampil begitu mengecewakan pada musim ini. Tidak hanya gagal meraih titel bergengsi, United juga telah dipastikan absen tampil di pentas Liga Champions musim lalu lantaran gagal finish di empat besar.

Di sisi lain, keterpurukan United pada musim ini berimbas pada munculnya rumor soal kepergian Ronaldo. Pada awal musim ini, Ronaldo memutuskan untuk meninggalkan Juventus dan kembali memperkuat United.

Mantan bintang Real Madrid itu pun diikat dengan durasi kontrak selama dua tahun dengan opsi tambahan selama setahun. Namun, keputusan untuk kembali ke United terbukti menjadi kesalahan tersendiri buat Ronaldo.

Meski telah berusaha untuk bisa memberikan kontribusi maksimal, Ronaldo tetap gagal membawa United bersaing di papan atas Liga Primer Inggris. Sebenarnya, performa Ronaldo pada musim pertamanya kembali ke Stadion Old Trafford tidak terlalu buruk.

Dari 39 penampilan di semua ajang pada musim ini, Ronaldo telah menyumbang 24 gol dan tiga assist. Namun, performa impresif Ronaldo ini tidak bisa diimbangi oleh kontribusi pemain lain di skuad United. Ronaldo terbukti menjadi andalan utama United dalam berburu kemenangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA