Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alpia Nur Zakiyyah Atorid

Hubungan Ilmu Dakwah Dengan Ilmu–Ilmu lain

Agama | Sunday, 15 May 2022, 21:38 WIB

Ilmu Psikologi

Psikologi islam adalah kajian tentang islam yang dilihat dari pendekatan psikologis. Substansi keilmuannya diturunkan dari alquran, assunnah, dan pemikiran para ulama islam yang dalam hal ini juga berkaitan dengan ilmu dakwah untuk kemudian dikaji, dianalisis, dan diteliti melalui pendekatan psikologis.

Ilmu ini berkaitan dengan proses mental baik normal maupun tidak. Dan pengarunya pada perilaku ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa. Sehingga seorang dai perlu mengetahui tentang psikologi untuk dapat mengerti keadaan seorang pendengar , sehingga nyaman dalam menyampaikan materi dan untuk mengetahui jenis dan sifat manusia yang sedang dihadapi.

Ilmu Konseling

Agama sangat menyentuh iman, taqwa, dan akhlak. Jika iman kita kuat maka ibadah kita akan lancar, termasuk berbuat baik terhadap sesama manusia, karena terbentuk akhlak yang mulia. Hubungan ilmu dakwah dengan ilmu konseling yaitu dalam kita menangani sebuah pemecahan masalah kita harus selalu menggunakan metode-metode dakwah, dengan penuturan yang lembut dan menggunakan bahasa agama. Agar orang yang mempunyai masalah tersebut terasa senang dan tentram saat berbicara dengan yang menangani.

Dalam hal itu, perlu ditegaskan bahwa masalah-masalah yang menjadi objek garapan konseling adalah masalah-masalah psikologis, bukan masalah fisik. Masalah fisik ini diserahkan kepada bidang yang relevan, misalnya kedokteran. Jadi, dalam kasus tertentu yang melibatkan fisik, terlebih dahulu ditangani fisiknya oleh dokter, baru kemudian masalah psikologisnya ditangani oleh konselor.

Kegiatan dakwah adalah kegiatan yang membimbing umat manusia untuk melaksanakan kebaikan dan menjauhi kemungkaran, tentu ilmu konseling mempunyai andil yang besar bagi ilmu dakwah. Metode-metode yang dapat dipakai dalam ilmu dakwah adalah ilmu-ilmu yang digunakan dalam metode konseling. Ketika masyarakat mengalami goncangan batin, maka persoalannya dapat diselesaikan melalui metode konseling dan pendekatan keagamaan salah satu metode ilmu dakwah.

Ilmu Komunikasi

Kegiatan dakwah adalah suatu kegiatan komunikasi. Dimana dai mengkomunikasikan pesan kepada mad’u, perorangan atau kelompok. Secara teknis dakwah adalah komunikasi antara dai dengan mad’u. Semua hukum yang berlaku dalam komunikasi berlaku juga dalam dakwah. Dakwah juga dapat melalui komunikasi seperti berdakwah khitobah, tabligh akbar, media massa, dan jejaring sosial media.

Dalam hal ini, dakwah ditinjau dari segi komunikasi, merupakan suatu proses penyampaian pesan-pesan berupa ajaran islam yang disampaikan secara persuasive, dengan harapan agar komunikasi dapat bersikap dan berbuat amal shalih sesuai ajaran yang didakwahkan. Pada konteks inilah kemunculan mubaligh-mubaligh ternama yang dipopulerkan melalui media massa (terutama televisi).

Dalam surat an-Nur ayat 55, menjelaskan keilmiahan proses dakwah tersirat dalam ayat tersebut, bahwa landasan pokok dakwah adalah iman dan amal saleh yang berlandasan ilmu pengetahuan, sedangkan dasar pelaksanaannya adalah pengelihatan, logika, dan kebenaran. Dakwah islamiah bermakna dakwah sebagai ilmu pengetahuan dan dakwah sebagai proses kerja. Dapat dipahami bahwa dakwah islamiah itu pada prinsipnya merupakan “ komunikasi yang islami “, atau dengan kata lain dakwah islamiah merupakan ilmu pengetahuan yang berakar pada ilmu komunikasi dengan sifatnya yang islami.

Ilmu Penyuluhan

Secara umum, istilah penyuluhan dalam bahasa sehari-hari sering digunakan untuk menyebut pada kegiatan pemberian penerangan kepada masyarakat. Baik oleh lembaga pemerintah maupun lembaga non pemerintah. Terlihat dari pengertian ini, arti penyuluhan ini lebih luas, maka untuk menjaga kerancuan biasanya ada yang tetap menggunakan istilah konseling saja untuk hal yang khusus (didunia pendidikan atau lembaga pelayanan konseling) dan penyuluhan untuk aktivitas umum.

Berkaitan dari pada ini, ilmu dakwah sangat berperan dalam membantu jalannya proses penyuluhan. Dengan adanya ilmu dakwah, penyuluhan dapat berlangsung sistematis, sehingga penyuluhan itu bisa memberikan materi-materi tentang dakwah.

Ilmu Sosiologi

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, Negara, dan berbagai organisasi politik, ekonomi, sosial. Hubungannya dengan ilmu dakwah adalah saling membagikan informasi atau mensosialisasi ilmu pengetahuan terhadap masyarakat.

Referensi : Sukayat, T. (2019). Ilmu Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image