Senin 16 May 2022 06:53 WIB

Robot Pemandu di Masjidil Haram Bisa 11 Bahasa

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa
Foto: The National
Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Robot-robot yang bertugas memberikan panduan kepada pengunjung Masjidil Haram di Makkah dapat diakses dalam 11 bahasa. Di antaranya adalah bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, Hausa.

Seperti dilansir Arab News pada Senin (16/5) para robot memandu peziarah menginformasikan tentang cara melakukan ritual umroh, seputar fatwa para ulama, menjawab pertanyaan jamaah, dan memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk berkomunikasi dengan para ulama dari jarak jauh.

Baca Juga

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci. Robot dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan mereka untuk dipindahkan dengan mudah dan lancar.

Mereka juga memiliki kamera resolusi tinggi yang memberikan kejelasan dalam mentransmisikan gambar, headphone resolusi tinggi, dan mikrofon dengan kualitas tangkapan tinggi. Sehingga memungkinkan transmisi suara yang jernih.

Robot bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wi-Fi dengan kecepatan 5 GHz. Hal ini memungkinkan transmisi data yang cepat dan tinggi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement