Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Ini Daftar Penembakan Massal yang Pernah Terjadi di AS

Ahad 15 May 2022 23:05 WIB

Red: Friska Yolandha

Polisi berbicara dengan para pengamat saat menyelidiki setelah penembakan di sebuah supermarket pada hari Sabtu, 14 Mei 2022, di Buffalo, N.Y.

Polisi berbicara dengan para pengamat saat menyelidiki setelah penembakan di sebuah supermarket pada hari Sabtu, 14 Mei 2022, di Buffalo, N.Y.

Foto: AP/Joshua Bessex
Kasus penembakan massal ini merupakan yang kedua di New York.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Seorang remaja kulit putih mengenakan kamuflase dan pelindung tubuh melepaskan tembakan pada Sabtu (14/5/2022) sore di sebuah toko di lingkungan Black Buffalo, New York, Amerika Serikat. Peristiwa yang dimotivasi oleh ras itu menewaskan 10 orang.

Pihak berwenang mengatakan pria itu berkendara sekitar 320 km dari rumahnya di luar Binghamton ke toko tempat dia melakukan serangan. Ia bahkan menyiarkan langsung penembakan itu di platform media sosial Twitch. 

Baca Juga

Kasus ini adalah yang terbaru dalam serangkaian penembakan massal tingkat tinggi di Amerika Serikat tahun ini. Ini merupakan yang kedua di negara bagian New York dalam beberapa bulan.

Berikut adalah penembakan massal yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir di AS.

ATLANTA, 16 Maret 2021 - Delapan orang, termasuk enam wanita keturunan Asia, ditembak mati dalam serangkaian serangan di day spa di dan sekitar Atlanta. Seorang tersangka pria ditangkap.

MILWAUKEE, 26 Februari 2020- Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke kompleks pembuatan bir Molson Coors Beverage Co di Milwaukee, menewaskan lima rekan kerja sebelum dia bunuh diri.

ILLINOIS, 15 Februari 2019 - Seorang pria melepaskan tembakan ke sebuah pabrik di Illinois setelah dipecat, menewaskan lima pekerja sebelum dia dibunuh oleh polisi.

EL PASO, 3 Agustus 2019 - Seorang pria menembak mati 22 orang di toko Walmart di El Paso, Texas. Sebuah pernyataan, yang diyakini ditulis oleh tersangka, menyebut serangan itu sebagai "tanggapan terhadap invasi Hispanik ke Texas." Pihak berwenang menangkap penembak.

DAYTON, 4 Agustus 2019 - Seorang pria bersenjata yang mengenakan pelindung tubuh melepaskan tembakan di pusat kota Dayton, Ohio, menewaskan sembilan orang termasuk saudara perempuannya. Polisi membunuh penembak.

PANTAI VIRGINIA, 31 Mei 2019 - Seorang karyawan utilitas publik yang tidak puas melepaskan tembakan ke rekan kerja di sebuah gedung kota di Virginia, menewaskan 12 orang sebelum dia ditembak mati oleh polisi.

THOUSAND OAKS, 7 November 2018 - Seorang mantan veteran tempur Marinir membunuh 12 orang di sebuah bar di Thousand Oaks, California, pinggiran kota Los Angeles. Dia kemudian bunuh diri.

TREE OF LIFE, 27 Oktober 2018 - Seorang pria bersenjata menyerbu ke sinagoga Tree of Life dekat Pittsburgh dan menembaki jemaat yang berkumpul untuk kebaktian Sabat, menewaskan 11 orang.

SANTA FE, Texas, 18 Mei 2018 - Seorang siswa berusia 17 tahun melepaskan tembakan ke sekolah menengahnya di luar Houston, menewaskan sembilan siswa dan seorang guru, sebelum menyerah kepada petugas.

PARKLAND, 14 Februari 2018 - Seorang mantan siswa di Marjory Stoneman Douglas High School di Parkland, Florida, membunuh 17 siswa dan pendidik.

STHERLAND SPRINGS, 5 November 2017 - Seorang pria dikeluarkan dari Angkatan Udara AS karena memukuli istri dan anaknya menembak 26 orang hingga tewas di sebuah gereja pedesaan Texas tempat mertuanya beribadah sebelum bunuh diri.

LAS VEGAS, 1 Oktober 2017 - Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke festival musik country dari kamar hotel lantai 32, menewaskan 58 orang sebelum mengambil nyawanya sendiri.

SAN BERNARDINO, 2 Desember 2015 - Sepasang suami istri membunuh 14 orang di pesta liburan tempat kerja di San Bernardino di California Selatan sebelum tewas dalam baku tembak dengan polisi.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA