Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Sambil Live Twitch, Payton Gendron Tembaki Warga Kulit Hitam di Supermarket

Ahad 15 May 2022 11:46 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Payton Gendron tiba dalam sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Kota Buffalo, Sabtu (14/5/2022) di Buffalo, New York. Dia didakwa atas tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan diperintahkan ditahan tanpa jaminan. Pejabat polisi mengatakan remaja berusia 18 tahun itu mengenakan pelindung tubuh dan pakaian bergaya militer ketika diamenembaki orang-orang di supermarket Tops Friendly Market.

Foto:
Siaran live Twitch Payton Gendron dihentikan kurang dari 2 menit setelah pembantaian.

Sheriff Erie County John Garcia dengan tegas menyebut penembakan itu sebagai kejahatan rasial. "Ini adalah kejahatan murni. Itu adalah kejahatan kebencian bermotivasi rasial dari seseorang di luar komunitas kami, di luar tetangga City of Good ... datang ke komunitas kami dan mencoba untuk menimbulkan kejahatan itu kepada kami,” kata Garcia.

photo
Polisi berjaga di depan supermarket di Buffalo, New York, AS yang menjadi lokasi penembakan bermotif rasial pada Sabtu (14/5/2022). Menurut saksi mata, seorang pria kulit putih masuk ke supermarket dan menembaki orang-orang berkulit hitam. - (Derek Gee/The Buffalo News via AP)

Para pejabat mengatakan senapan yang digunakan Gendron dalam serangan itu dibeli secara legal, tetapi magasin yang digunakan untuk amunisi tidak dijual di New York. Gendron berasal dari Conklin, New York, yang berjarak 320 kilometer tenggara dari tempat penembakan tersebut.

Pembantaian itu mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh negara yang dilanda ketegangan rasial, kekerasan senjata, dan rentetan kejahatan rasial. Sehari sebelum penembakan, polisi Dallas mengatakan sedang menyelidiki serangkaian penembakan di Koreatown sebagai kejahatan rasial. Serangan Buffalo terjadi hanya satu bulan setelah penembakan massal lainnya di kereta bawah tanah Brooklyn melukai 10 orang.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA