Senin 04 Apr 2022 15:46 WIB

Inovasi Program Semata Jilid Dua, Wali Kota Padang Bedah Rumah Keluarga Kurang Mampu

Bedah rumah dilakukan melalui bantuan Baznas Kota Padang

Pemkot Padang menyasar sebanyak 11 keluarga dan 11 kecamatan se-kota Padang untuk program Semata Jilid II.
Foto: Pemkot Padang
Pemkot Padang menyasar sebanyak 11 keluarga dan 11 kecamatan se-kota Padang untuk program Semata Jilid II.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pada Ramadhan 1443 Hijriah, Wali Kota Padang Hendri Septa kembali menggelar program Semalam di Palanta (Semata). Wali Kota Padang menilai perlu upaya membantu warga yang ia pimpin.

Melalui program Semata para keluarga diajak ke rumah dinas wali kota untuk berbuka puasa bersama. Esok harinya, rumah mereka akan ditinjau untuk dilakukan bedah rumah melalui bantuan Baznas Kota Padang.

Diperkirakan pembangunan selesai pada Lebaran. "Alhamdulillah, program Semalam di Palanta yang kita lakukan selama Ramadhan kali ini sudah memasuki tahun kedua," ujarnya dalam siaran pers.

Untuk Ramadhan tahun ini Hendri mengatakan, Pemkot Padang menyasar sebanyak 11 keluarga dan 11 kecamatan se-kota Padang. Perdana dimulai dari keluarga Rini (43 tahun) dan Afrizal (45 tahun), yang berada di Jalan Padat Karya Kampung Melayu RT04 RW07, Kelurahan Piai Tanah Sirah Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

Selain memberikan bantuan perbaikan rumah, Wali Kota Padang juga menjamu para warga kurang mampu berbuka puasa di kediamannya. Wali Kota pun mengajak warganya bermalam di rumah dinasnya. Menurutnya rumah dinas yang didiami bersama keluarga merupakan rumah rakyat bukan miliknya pribadi.

"Hal ini kita lakukan sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada masyarakat. Diharapkan kegiatan Semata ini mampu mengetuk banyak pintu hati lain untuk peduli dengan warga kurang mampu di Padang," kata Hendri.

Rini salah satu warga yang mendapat bantuan mengaku senang karena dipilij mendapat bantuan program Semata oleh wali kota. "Alhamdulillah, kami sekeluarga berterima kasih sekali kepada Pak Wali dan Bapak Ibu semua yang membantu kami," kata Rini dengan mata berbinar.

Sehari-hari Rini bekerja sebagai ibu rumah tangga, sementara sang suami sebagai buruh harian lepas. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya saja, Rini sudah mengalami kesulitan.

"Kami sekeluarga sangat bersyukur telah dibantu dan rumah kami akan dibedah menjadi lebih baik dan layak huni," ujarnya.

Di kediaman Wali Kota Padang, rombongan disambut Ketua TP PKK Padang Genny Putrinda. Turut hadir mendampingi wali kota, Pj Sekda Fitria, Kepala Dinas Sosial Ances Kurniawan, Kadis PUPR Tri Hadianto, Kepala BKPSDM Arfian, Kabag Kesra Fuji Astomi, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis, Kabag Umum Bobby Firman, Wakil Ketua I Baznas Padang ultel Ardi dan Camat Lubeg Heriza Syafani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement