Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Yunani Siap Terima Finlandia dan Swedia di NATO

Ahad 15 May 2022 10:10 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias tiba di Berlin, Jerman, untuk menghadiri menghadiri pertemuan informal para menteri NATO pada 14 hingga 15 Mei 2022.  Dendias menyebut, Yunani siap menyambut Finlandia dan Swedia di NATO.

Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias tiba di Berlin, Jerman, untuk menghadiri menghadiri pertemuan informal para menteri NATO pada 14 hingga 15 Mei 2022. Dendias menyebut, Yunani siap menyambut Finlandia dan Swedia di NATO.

Foto: EPA-EFE/CLEMENS BILAN
Finlandia dan Swedia ingin bergabung dengan NATO.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Yunani mendukung penuh rencana Swedia dan Finlandia untuk bergabung menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Hal itu dinyatakan Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias, Sabtu (14/4/2022).

"Yunani memiliki hubungan yang sangat baik dengan dua negara ini, yang juga merupakan anggota Uni Eropa," kata Dendias di Berlin, Jerman, tempat ia akan menghadiri pertemuan informal para menteri NATO.

Baca Juga

"Sikap Yunani sangat jelas (menyangkut perkara itu), kami siap menyambut Swedia dan Finlandia ke dalam keluarga NATO, kami yakin mereka punya banyak hal yang bisa ditawarkan," ujarnya.

Satu hari setelah Finlandia --tetangga Rusia di timur laut-- berkomitmen untuk menyampaikan permohonan sebagai anggota NATO, Swedia menekankan tekad serupa. Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde mengatakan, keanggotaan negaranya di NATO akan membantu stabilisasi dan menguntungkan negara-negara di kawasan Laut Baltik.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA