Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Nomor 46 Valentino Rossi Akan Dipensiunkan di Mugello

Ahad 15 May 2022 02:07 WIB

Red: Muhammad Akbar

Pebalap Valentino Rossi tersenyum usai menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11). Rossi memutuskan pensiun di akhir musim ini.

Pebalap Valentino Rossi tersenyum usai menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11). Rossi memutuskan pensiun di akhir musim ini.

Foto: AP Photo/Alberto Saiz
Rossi akan menghadiri upacara tersebut sebagai penghormatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nomor balap 46 yang digunakan Valentino Rossi di MotoGP akan dipensiunkan di Sirkuit Mugello saat Grand Prix Italia pada akhir bulan ini.

Sama halnya dengan juara dunia sembilan kali serta legenda MotoGP itu, angka tersebut akan mendapatkan upacara perpisahan yang layak, yang akan digelar di lintasan lurus depan pit building Mugello pada Sabtu (14/5), jelang kualifikasi, demikian laman resmi MotoGP.

Rossi akan menghadiri upacara tersebut sebagai penghormatan atas warisannya mempopulerkan MotoGP di mata dunia dengan mengenakan nomor 46 di motornya selama 26 musim berkiprah di dunia balap roda dua.

Pebalap berjuluk The Doctor itu pensiun pada akhir musim lalu setelah mengantongi sembilan gelar juara dunia, 115 kemenangan dan 235 podium di semua kelas.

Ia kemudian dianugerahi gelar legenda MotoGP di Valencia pada November tahun lalu.

"Saya rasa hal paling positif dalam karier saya adalah banyak orang mulai mengikuti MotoGP untuk mengikuti karier saya dari awal, dan olahraga ini menjadi lebih besar, lebih terkenal di Italia tapi juga di seluruh dunia," kata Rossi seperti dikutip Reuters di akhir tahun lalu.

"Lega mengetahui bahwa selama karier saya, saya menjadi sesuatu yang berbeda, sesuatu seperti ikon dan ini kehormatan yang luar biasa."

Selain #46 milik Rossi, #58 milik Marco Simoncelli, #69 Nicky Hayden, dan #34 Kevin Schantz merupakan beberapa nomor pebalap yang pensiun digunakan di kelas premier.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA