Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Ratusan Ribu Pengungsi Ukraina Terdaftar di Jerman

Sabtu 14 May 2022 18:15 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Seorang anak dan keluarganya yang melarikan diri dari Mariupol tiba di pusat penerimaan pengungsi di Zaporizhzhia, Ukraina, Minggu, 8 Mei 2022.

Seorang anak dan keluarganya yang melarikan diri dari Mariupol tiba di pusat penerimaan pengungsi di Zaporizhzhia, Ukraina, Minggu, 8 Mei 2022.

Foto: AP/Francisco Seco
Sekitar 40 persen dari pengungsi Ukraina adalah anak di bawah umur

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Sebanyak 700 ribu lebih pengungsi asal Ukraina tercatat di Jerman. Surat kabar Welt am Sonntag  melaporkan jumlah pengungsi itu pada Sabtu (14/5/2022), mengutip data Kementerian Dalam Negeri.

"Sejak awal perang pada 24 Februari hingga 11 Mei, basis data Central Register of Foreigners (AZR) Jerman mencatat sebanyak 727.205 orang, 93 persen di antaranya adalah warga negara Ukraina," demikian menurut Welt.

Baca Juga

Pengungsi dengan jumlah yang signifikan kemungkinan sudah mengunjungi negara-negara Uni Eropa lainnya atau kembali ke Ukraina.

"Sekitar 40 persen dari pengungsi Ukraina adalah anak di bawah umur dan 81 persen dari daftar pengungsi orang dewasa adalah perempuan," tulis surat kabar itu.

Invasi Rusia memicu eksodus besar-besaran, termasuk lebih dari 8 juta warga Ukraina, menurut laporan terkini Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM). "Jumlah orang yang telah menyelamatkan diri dari Ukraina mencapai 6 juta dalam krisis pengungsi terparah di Eropa sejak akhir Perang Dunia II," kata badan pengungsi PBB pada Kamis.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA