Ahad 15 May 2022 00:32 WIB

Ubur-ubur Memenuhi Kawasan Pantai Probolinggo Lebih Awal

Ubur-ubur biasanya muncul di pantai saat ada perubahan suhu air laut dan ganti musim

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ubur-ubur biasanya muncul di pantai saat ada perubahan suhu air laut dan pergantian musim. Ilustrasi.
Foto: Antara/Muhammad Arif Pribadi
Ubur-ubur biasanya muncul di pantai saat ada perubahan suhu air laut dan pergantian musim. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO - Kawanan ubur-ubur memenuhi kawasan pantai di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, dalam beberapa pekan terakhir. Kawanan ubur-ubur tersebut muncul lebih awal dari biasa.

"Itu sebenarnya tidak pada biasanya, karena puncak kemunculan ubur-ubur biasanya terjadi sekitar Oktober dan November. Namun sejak April kemarin sudah muncul," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Hari Pur Sulistiono di Probolinggo, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga

Menurut dia, ubur-ubur biasanya muncul di kawasan pantai saat terjadi perubahan suhu air laut dan perubahan musim. "Jenis ubur-ubur yang biasa muncul di perairan Kabupaten Probolinggo sangat beragam. Mulai dari yang warnanya kemerah-merahan, kebiru-biruan, dan keputih-putihan. Rata-rata muncul di tepian perairan, pantai," katanya.

Hari mengimbau warga yang beraktivitas di kawasan pantai menghindari ubur-ubur karena bisa menimbulkan rasa gatal jika bersentuhan dengan kulit. Menurutnya ubur-ubur termasuk komoditas perikanan.

"Ubur-ubur ini kadar air dan kolagennya tinggi sekali. Kolagen merupakan sejenis protein yang berperan penting dalam struktur jaringan, termasuk tendon, kulit, dan tulang. Namun karena beracun, maka harus diolah dulu," jelasnya.

Hari menerangkan kedatangan ubur-ubur di wilayah perairan Probolinggo biasanya diikuti dengan kemunculan hiu tutul. "Posisi hiu tutul saat ini berada di utara perairan Pajarakan, tapi jumlahnya tidak banyak dan akan bergerak ke arah timur," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement