Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Ini Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Kamu yang Suka Jalan-Jalan

Sabtu 14 May 2022 12:24 WIB

Red: Christiyaningsih

Ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang hobi jalan-jalan.

Ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang hobi jalan-jalan.

Foto: UBSI
Ada beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok bagi kamu yang hobi jalan-jalan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kamu yang hobi jalan-jalan, kuliah di dalam kelas dapat menjadi hal yang membosankan. Jika kamu ingin kuliah yang sifatnya tidak membosankan atau dengan kata lain kuliah sambil jalan-jalan, kamu wajib mengambil beberapa jurusan ini.

Jurusan ini secara tidak langsung melakukan berbagai kegiatan outdoor yang berhubungan dengan aktivitas kuliah. Maka tidak heran, jika nanti kamu akan melakukan kuliah di luar kelas serta dilakukan di berbagai tempat tertentu. Berikut uraian jurusan kuliah bagi yang suka jalan-jalan :

Baca Juga

Pariwisata

Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal terkait pariwisata, mulai dari manajemen pariwisata, tour and travel, hingga perhotelan. Salah satu skill yang akan diasah dalam jurusan ini ialah kemampuan membaca potensi wisata di berbagai tempat.

Sesuai dengan namanya, di jurusan pariwisata kamu akan banyak turun ke objek wisata secara langsung untuk belajar dan mengamati banyak hal. Mulai dari aksesibilitas, sarana prasarana, hingga kebudayaannya. Jadi, di jurusan ini kamu bisa travelling sambil belajar bagaimana caranya orang lain juga bisa tertarik dan menikmati kegiatan travelling.

Prospek karier sangat terbuka lebar di bidang industri pariwisata, tidak terbatas sebagai pemandu wisata saja. Kamu juga bisa berkecimpung dalam bidang perhotelan, culinary, event management, kapal pesiar, dan sebagainya.

Jurnalistik

Bagi kamu yang suka travelling, jurusan jurnalistik menjadi jurusan yang sangat ideal dan cocok. Di jurusan ini, kamu akan belajar cara membuat produk jurnalistik yang baik dan menarik.

Salah satu proses jurnalistik adalah melakukan liputan langsung di lapangan. Ketika melakukan kegiatan liputan, kamu juga bisa sambil travelling saat mencari-cari informasi menarik, bertemu berbagai narasumber, serta mendatangi objek-objek yang mengagumkan. Terlebih untuk tujuan publikasi yang tentunya akan sangat bermanfaat.

Di jurusan jurnalistik, kamu akan diajak untuk mendalami dunia jurnalistik beserta karakter dan dinamika yang terjadi di berbagai media massa seperti televisi, radio, media cetak ataupun media online. Di sini, kamu akan mempelajari bagaimana suatu informasi didistribusikan melalui media massa dan mengetahui karakter masing-masing media beserta perubahannya.

Dalam perkuliahan, mahasiswa akan belajar berbagai hal termasuk mencari, menulis, serta menyunting berita. Kemampuan menyampaikan pesan melalui berbagai media massa akan terus diasah selama mengenyam pendidikan di jurusan ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA