Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Tiga Niat yang Harus Dihindari Saat Membaca Alquran

Ahad 15 May 2022 03:05 WIB

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi  Anak membaca Alquran. Tiga Niat yang Harus Dihindari Saat Membaca Alquran

Ilustrasi Anak membaca Alquran. Tiga Niat yang Harus Dihindari Saat Membaca Alquran

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Apa yang Anda dapatkan dari Alquran tergantung pada tujuan Anda mendapatkannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mencapai hubungan yang bermanfaat dengan Alquran, Anda perlu membacanya tanpa tujuan selain untuk menerima petunjuk dari Tuhan, untuk mendekat kepada-Nya, dan untuk mencari keridhaan-Nya.

 

Baca Juga

Apa yang Anda dapatkan dari Alquran tergantung pada tujuan Anda mendapatkannya. Niat Anda sangat penting. Alquran datang untuk membimbing, tetapi jika Anda mendekatinya dengan niat yang tidak murni dan alasan yang tidak tepat, Anda mungkin akan tersesat karenanya.

Sebagaimana terdapat dalam Alquran: “Dengan demikian Dia menyesatkan banyak orang, dan dengan demikian Dia membimbing banyak orang; tetapi dengan demikian Dia tidak menyesatkan seorang pun kecuali orang yang zalim.” (Al-Baqarah 2:26)

Karena Alquran adalah kalam Allah, maka diperlukan eksklusivitas niat dan kemurnian tujuan yang sama seperti menyembah dan mengabdi kepada-Nya. Akibatnya, Anda harus menghindari hal-hal berikut saat membaca Alquran.

1. Membaca untuk kesenangan intelektual

Sekalipun Anda harus mengabdikan kecerdasan Anda untuk tugas mempelajari Alquran, jangan membacanya semata-mata untuk mengejar intelektual dan kesenangan. Begitu banyak orang menghabiskan seumur hidup untuk mempelajari bahasa, gaya bahasa, sejarah, geografi, hukum dan etika Alquran, namun hidup mereka tetap tak tersentuh oleh pesannya. Alquran sering merujuk pada orang yang memiliki pengetahuan tetapi tidak mengambil manfaat darinya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA