Ahad 15 May 2022 04:00 WIB

10 Amalan yang Mudah Dilakukan Setelah Ramadhan

Tersenyum salah satu amalan mudah setelah Ramadhan.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Ibadah (ilustrasi). 10 Amalan yang Mudah Dilakukan Setelah Ramadhan
Foto: Republika
Ibadah (ilustrasi). 10 Amalan yang Mudah Dilakukan Setelah Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahun, saat Ramadhan tiba, banyak dari kita merasa bertekad untuk berubah menjadi lebih baik dan menjadi Muslim yang lebih baik. Namun, ketika bulan yang penuh berkah meninggalkan, kita mungkin menemukan kebiasaan dan praktik baik yang kita bangun selama Ramadhan juga tertinggal.

Berikut adalah 10 amalan spiritual sederhana yang bisa kita semua mulai sekarang dan mudah dilanjutkan setelah Ramadhan selesai.

Baca Juga

1. Sholat lima waktu

Sholat tepat waktu lima kali sehari adalah sebuah perjuangan bagi beberapa umat Muslim. Namun, ini adalah pilar Islam dan sesuatu yang harus kita semua lakukan; jadi meskipun itu tantangan, kita harus melakukannya di bulan Ramadhan dan juga sepanjang tahun.

Beberapa orang mendapat manfaat dari memiliki sistem pertemanan di mana mereka bertanggung jawab kepada teman dekat atau anggota keluarga, jadi ini mungkin membantu jika sholat lima waktu adalah sesuatu yang Anda perjuangkan.

2. Berbicara dengan hati-hati

Menjaga perkataan, karena surga dijamin bagi mereka yang menahan lidah dan auratnya. Artinya tidak menggunjing/menggunjing, memfitnah orang tua, berbohong, mengumpat, dll. Berbicara dengan lemah lembut, adil, jujur, dan produktif adalah tujuan yang baik.

3. Memiliki hubungan dengan Alquran

Beberapa orang mampu membaca seluruh Alquran di bulan Ramadhan, atau bahkan lebih dari itu. Ini luar biasa, karena sangat bermanfaat dan Ramadhan adalah bulan membangun hubungan kita dengan Alquran. Tetapi menjaga hubungan itu bahkan setelah Ramadhan berakhir juga sangat penting.

Ini bisa berbeda untuk setiap orang. Bagi sebagian orang, itu berarti terus melafalkan potongan besar setiap hari. Bagi yang lain, itu mungkin berarti membaca hanya lima ayat dan merenungkan artinya.

4. Bersedekah

Banyak orang yang paling banyak bersedekah di bulan puasa karena pahalanya berlipat ganda. Tapi amal adalah sesuatu yang kita didorong untuk memberi sepanjang waktu, bahkan jika kita tidak punya banyak untuk diberikan. Bagi mereka yang mampu, sumbangan uang selalu dibutuhkan. Bagi yang lain, layanan sukarela atau tindakan baik sangat membantu.

5. Dzikir

Dzikir merupakan kata-kata dan ungkapan sederhana memuji dan mengingat Allah. Kita bisa melakukan dzikir (mengingat Allah) bahkan saat mengemudi atau mencuci piring. Ada video YouTube yang tersedia untuk dipelajari lebih lanjut jika itu adalah sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement