Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Pasar Konser Korea Selatan Pulih dari Pandemi

Sabtu 14 May 2022 09:31 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari

Situasi Covid-19 yang membaik membuat sejumlah negara membuat pelonggaran, salah satunya membolehkan konser musik. Termasuk di Korea Selatan.

Situasi Covid-19 yang membaik membuat sejumlah negara membuat pelonggaran, salah satunya membolehkan konser musik. Termasuk di Korea Selatan.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Penonton konser di Korea Selatan lebih menggemari tipe festival.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Penjualan tiket konser musik meningkat pesat setelah dicabutnya hampir semua pembatasan sosial karena pandemi Covid-19 di Korea Selatan. Menurut Interpark, layanan reservasi daring setempat, penjualan tiket konser yang direncanakan untuk kuartal kedua tahun ini melonjak 267 persen dari tahun lalu.

Tren kenaikan terlihat pada jumlah konser selama periode tersebut. Sebanyak 353 konser direncanakan berlangsung pada kuartal kedua, yaitu naik 43,5 persen dari 246 acara pada tahun lalu.

Baca Juga

"Kami melihat itu karena jumlah penonton yang dapat ditampung per pertunjukan meningkat seiring aturan Covid-19, seperti duduk terpisah dan batas kapasitas penonton, telah menghilang, dan banyak konser populer terjual habis," kata rilis resmi Interpark dilansir Yonhap News, Sabtu (14/5/2022).

Konser langsung pertama bintang K-pop Sung Si-kyung dalam waktu sekitar tiga tahun adalah yang paling populer di antara acara serupa untuk kuartal kedua tahun ini. Pemesanan tiketnya ditutup pada Selasa mendatang. Sung Si-kyung akan menggelar dua konser pada 28-29 Mei 2022 di Seoul.

Berada di urutan kedua adalah Festival Jazz Seoul tahunan, yaitu sebuah konser luar ruangan yang memulai pertunjukan tiga malam mulai 27 Mei 2022 di ibu kota Seoul. Termasuk festival jazz, enam dari 20 pertunjukan teratas dalam hal penjualan tiket adalah konser luar ruangan.

“(Penonton) mereka lebih memilih festival yang membuat mereka merasa seperti piknik daripada di ruang tertutup pada saat pandemi Covid-19 belum berakhir,” ujar rilis Interpark.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA