Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan

Sabtu 14 May 2022 09:26 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah

 Seorang wanita Muslim dengan tangannya yang dilukis dengan pacar tradisional berdoa selama sholat Idul Fitri, membuat pada akhir bulan puasa Ramadhan, di Masjid Badshahi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Selasa, 3 Mei 2022. Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan

Seorang wanita Muslim dengan tangannya yang dilukis dengan pacar tradisional berdoa selama sholat Idul Fitri, membuat pada akhir bulan puasa Ramadhan, di Masjid Badshahi yang bersejarah di Lahore, Pakistan, Selasa, 3 Mei 2022. Tips Menjaga Sholat Lima Waktu Setelah Ramadhan

Foto: AP/K.M. Chaudary
Sholat lima waktu itu wajib.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih sulit untuk mulai melakukan hal baru daripada terus mempertahankannya. Mahasiswa sains menemukan fenomena ini dimana-mana, dibutuhkan lebih banyak energi untuk membuat benda diam bergerak dibandingkan membuat benda bergerak tetap bergerak.  Dibutuhkan lebih banyak energi untuk memulai reaksi kimia daripada mempertahankannya.

Siswa sains tahu katalis bisa digunakan untuk menurunkan energi yang dibutuhkan untuk memulai proses kimia. Pikirkan ramadhan sebagai katalisator. 

Baca Juga

Semua Muslim tahu mereka seharusnya sholat lima waktu setiap hari, berpuasa selama 29 atau 30 hari setiap tahun di Ramadhan, membayar zakat atas aset yang dimiliki, dan setidaknya pergi haji setidaknya sekali seumur hidup jika mereka mampu. Mungkin semua Muslim tahu ini. 

Tapi berapa banyak Muslimin dan Muslimah yang menerapkannya? Berapa banyak Muslim di dunia yang sholat lima waktu? Hampir setiap Muslim saat bulan suci berpuasa dan banyak yang mencoba sholat secara teratur. 

Bagaimana keajaiban ini terjadi? Mengapa kita terasa mudah untuk berdoa di Ramadhan tetapi tidak di waktu lain dalam setahun?

Ketika Ramadhan dimulai, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu (HR Al Bukhari).

Ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Allah menyebutnya sebagai bulan'mubarak penuh berkah. Setan juga tidak dapat mengganggu Anda dan mengalihkan Anda dari melakukan perbuatan baik. 

Disebutkan bahwa dibutuhkan 21 hari untuk membangun kebiasaan baru. Jika Anda sudah sholat setiap hari di Ramadhan, selamat! Anda baru saja membangun kebiasaan sholat. 

Tetapi meski sudah dilakukan selama Ramadhan, namun menyerah setelah Idul Fitri. Kemudian, bagaimana kita mempertahankan sholat  dan ibadah lainnya setelah Ramadhan?

Dikutip dari laman About Islam, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diingat yang mungkin bisa membantu Anda mewujudkannya tahun ini, Insya Allah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA