Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Mengenang Laura Anna, Selebgram yang Alami Lumpuh Akibat Kecelakaan

Sabtu 14 May 2022 09:25 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Laura Anna

Laura Anna

Mengenang Laura Anna, selebgram, content creator, dan juga model Tanah Air yang meninggalkan kisah dan pengalaman hidup menyentuh.

Mendiang Edelenyi Laura Anna dikenal sebagai selebgram, content creator, dan juga model Tanah Air. Malang, dara cantik blasteran Hungaria-Indonesia ini telah berpulang di usia yang masih sangat muda. Kepergiannya hingga kini masih menyisakan luka di hati keluarga maupun para fans setianya.

Laura lahir di Budapest, Hongaria pada 20 September 2000 dan meninggal di Bekasi, 15 Desember 2021 lalu. Sebelum akhirnya meninggal dunia, ia sempat speak up terkait kehidupannya dalam podcast Deddy Corbuzier dan Denny Sumargo.

Laura harus lumpuh akibat kecelakaan mobil yang dialaminya. Ia pun menuntut keadilan agar mantan kekasihnya, Gaung Sabda Alam Muhammad (Gaga), dihukum di balik jeruji besi. Pasalnya, Gagalah yang lalai mengemudikan mobil dalam keadaan mabuk, sehingga Laura menjadi lumpuh akibat kecelakaan.

Baca Juga: Berkenalan dengan YouTuber Fadil Jaidi, Mantan Aktor Cilik yang Tolak Alphard dari Raffi Ahmad

Biodata Laura Anna

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Edèlenyi Laura (@edlnlaura)

Sepeninggal Laura, Shandy Purnamasari yang dikenal sebagai owner MS Glow menyebutkan bahwa Laura ialah tulang punggung keluarga. Tak hanya tangguh, Shandy merespek pribadi Laura.

Walaupun Laura sudah terbaring sakit, namun dengan keterbatasannya itu, ia masih terus berjuang untuk menafkahi keluarganya. Sebelumnya, Laura mulai dikenal sebagai selebgram cantik Tanah Air sejak tahun 2018 silam.

Laura ialah putri ketiga dari ayah asal Hungaria bernama Gabor Edelenyi dan ibunya, Ameilia Edelenyi. Ia mempunyai dua orang kakak bernama Deme Gabor Edelenyi dan juga Greta Irene yang sangat dekat dengannya. 

Selain itu, ia juga memiliki dua orang adik yang masih kecil. Mereka bernama Janos Bela dan Gabriella Petra. 

Berjiwa Entrepreneur dan Berjualan Online

Semasa hidupnya, Laura yang sudah dalam kondisi terbaring lumpuh pun masih aktif berjualan. Aktif berdagang melalui akun Instagram @jualan.lau, tampaknya tak ada yang dapat menghentikan jiwa entrepreneur Laura.

Ia menawarkan produk magic lash oil by Laura untuk merawat bulu mata seharga Rp93.000 – Rp110.000 per botolnya. Selain bermanfaat untuk menjaga bulu mata agar tak rusak akibat extension, serum garapannya ini dapat membuat bulu mata tumbuh lebat, lentik, dan cantik. 

Terbuat dari bahan alami, magic lash oil tersebut tak hanya mengandung vitamin E, tapi juga argan oil, bio oil, serta beragam herbal oil lainnya. Selain lash oil, produk lainnya yang tersedia ialah magic hair oil untuk rambut. 

Sementara itu, produk menarik lainnya yang ia tawarkan ialah bio oil. Produk yang satu ini diklaim dapat menyamarkan bekas luka serta jerawat, mencegah penuaan dini, dan melembapkan kulit. 

Kasus Laura Anna dan Gaga Muhammad

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Edèlenyi Laura (@edlnlaura)

Memasuki tahun 2019, Laura dan Gaga mengalami kejadian nahas. Setelah minum minuman keras, mereka berkendara dengan Gaga sebagai pengemudi mobilnya. 

Malang, kecelakaan di tol Jagorawi itu pun tak terhindarkan. Gaga yang dalam keadaan mabuk dan mengantuk tak bisa berkonsentrasi penuh sewaktu mengendarakan mobil.

Kecelakaan tersebut hanya mengakibatkan luka ringan bagi Gaga, tapi tidak untuk Laura. Seluruh tubuhnya lumpuh akibat terjadi dislokasi di bagian tulang lehernya (Cervical Vertebrae Dislocation).

Menderita Spinal Cord Injury dan Decubitus

Meski telah menjalani operasi, namun kondisi Laura tak bisa kembali sehat seperti semula. Setiap harinya ia harus berbaring di ranjang dengan rasa sakit yang luar biasa. 

Kondisi yang diderita Laura dinamakan Spinal Cord Injury. Namun tak hanya itu saja, sebagai kompensasi karena terus-terusan berbaring, ia pun menderita Decubitus

Tak pelak, kondisi yang memprihatinkan membuatnya harus mengikuti serangkaian terapi demi mengupayakan kesembuhan. Biaya pengobatan pun tentunya tak bisa dikatakan murah. 

Gaga Menghilang dan Tak Bertanggung Jawab

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Edèlenyi Laura (@edlnlaura)

Di tengah kondisi Laura yang tak berdaya, Gaga nyatanya malah menghilang dan tak pernah datang. Alih-alih bertanggung jawab membantu biaya pengobatan, atau setidaknya mendampinginya, Laura malah mengetahui bahwa Gaga telah berselingkuh.

Selain itu, pertengkaran pun sering terjadi di antara keduanya. Sebagai akibatnya, beban Laura pun semakin tak terbendung. Tak hanya fisiknya yang sakit, ia juga merasa didera secara mental dan emosional.

Baca Juga: Sukses Jadi Selebgram dan Komedian, Keanu Angelo Menjajal Bisnis Kekinian

Ajukan Tuntutan Demi Keadilan

Kesabaran Laura akhirnya bobol juga. Tak tahan akan kelakuan Gaga serta keadaannya, ia lantas memberanikan diri menempuh jalur hukum. Ia melaporkan Gaga yang telah teledor mengemudi dalam kondisi terpengaruh alkohol.

Laura dan keluarga menuntut tanggung jawab Gaga. Pasalnya, pihak Gaga disebutkan tak pernah memberikan bantuan selama satu tahun seusai kecelakaan nahas tersebut. 

Pihak keluarga juga menuntut uang sebesar Rp12 miliar untuk keperluan pengobatan Laura kepada keluarga Gaga.

Berani Bicara di Podcast Deddy Corbuzier

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Edèlenyi Laura (@edlnlaura)

Geram atas ketidakadilan yang dialaminya, Laura menarik perhatian publik setelah postingan fotonya bersama Gaga mengalami perubahan caption. Melalui caption foto-foto di akun Instagram @edlnlaura, ia mencurahkan fakta perlakuan buruk yang diterimanya dari Gaga. 

Belakangan, ia baru berani angkat bicara di podcast Deddy Corbuzier. Di sana, ia mengungkapkan berbagai fakta terkait kejadian tak mengenakkan yang telah menimpanya.

Ironisnya, banyak netizen yang notabene sesama perempuan malah berkomentar tak sedap. Minim berempati, mereka melontarkan kritik, salah satunya terkait penuturan Laura yang dinilai tidak sistematis dalam berbagi cerita. 

Padahal saat itu, Laura sendiri tak hanya harus menahan kesakitan akibat kondisi fisik yang dideritanya. Ia juga tengah diterpa depresi semenjak mengalami kelumpuhan.

Pesan Terakhir Lewat Podcast Denny Sumargo

Gaga yang menyetir mobil saat mabuk mengakibatkan keduanya terlibat kecelakaan dan melumpuhkan Laura. Gaga kemudian menghilang dan malah menyelingkuhi Laura sewaktu dirinya terkapar sakit. Bahkan, Gaga disebutkan telah menggunakan uang Laura dengan menggesek ATM tanpa izin terlebih dahulu. 

Hal ini tak hanya diceritakan Laura dalam podcast Deddy Corbuzier dan caption foto-fotonya di Instagram. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Laura juga sempat menghadiri podcast Denny Sumargo.

Di sana, Laura yang tampak sudah lelah baik fisik maupun mental mengatakan dirinya hanya mendambakan keadilan. Jika hal tersebut sudah ia dapatkan, barulah ia dapat merasa tenang.

Meninggal Selagi Menuntut Keadilan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Edèlenyi Laura (@edlnlaura)

Selagi masih memperjuangkan keadilan dan tanggung jawab dari Gaga, Laura kemudian meninggal karena asam lambung yang dideritanya. Jenazahnya kemudian dikremasi di Rumah Duka Grand Heaven, Pluit, Jakarta Utara.

Sementara Gaga kini telah menjalani hukumannya. Yang bersangkutan telah divonis hukuman empat tahun enam bulan penjara atas kasus kecelakaan mobil akibat kelalaiannya mengemudi. Selain itu, Gaga juga dikenai sanksi lainnya berupa denda uang dengan nominal Rp10 juta.

Rasa Terima Kasih dari Keanu Agl

Saat di rumah duka, Keanu Angelo selaku sahabat mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas jasa Laura. Tak kuasa menahan isak tangisnya, Keanu bercerita bahwa Lauralah sosok yang telah membuatnya menjadi terkenal seperti sekarang.

Di awal perkenalan mereka, Keanu mengungkapkan bahwa dirinya saat itu bukan siapa-siapa. Ia juga tidak kaya raya dan jauh dari hidup mewah. Keanu hanyalah seorang driver ojek yang kemudian dibawa Laura untuk memasuki dunia selebgram, hingga akhirnya sukses dan mapan seperti sekarang.

Merasa berutang budi, Keanu menyebutkan bahwa Laura ialah pelangi di dalam hidupnya. Menurut Keanu, hidupnya yang kala itu semu jadi lebih berwarna berkat kehadiran Laura.

Keanu merasa tidak punya sesuatu untuk dibanggakan. Namun Laura justru memperlakukannya dengan sangat baik dengan penuh ketulusan. 

Seraya memberikan pidato penghormatan terakhirnya, Keanu membeberkan bahwa kesuksesannya merupakan bukti dari kebaikan hati seorang Laura. Ia bahkan kini telah bersinar merintis kariernya. 

Terlebih, Keanu juga telah berkembang serta memiliki harga diri yang lebih sehat berkat dukungan Laura. Keanu menambahkan, entah bagaimana dirinya akan sanggup membalas kebaikan hati Laura. Namun ia berharap, di dalam surga-Nya, Tuhan akan senantiasa melindungi, menyayangi dan mengasihi sahabat yang dicintainya.

Sempat Rilis Buku MantraKita

Di akhir hidupnya, Laura sempat mengisi hari dengan menulis draft mengenai kisah hidupnya. Belakangan, catatan yang ia tuliskan di ponsel pintarnya tersebut diterbitkan menjadi buku biografinya sendiri.

Dalam buku yang berjudul Mantrakita, Laura menuturkan kisah hidup serta isi hatinya dari hari ke hari semasa terbaring sakit. Ia juga menuliskan bagaimana dirinya berjuang untuk bangkit dari rasa terpuruk yang ia alami.

Rest in peace, Laura Anna. Pengalaman hidupmu akan selalu menyentuh hati banyak orang sebagai bentuk pembelajaran dan inspirasi yang amat berharga.

Baca Juga: Kisah Sukses Fuji An, Adik Ipar dari Mendiang Vanessa Angel

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA