Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Askar Kauny Targetkan 10.000 Hewan Kurban untuk Para Pecinta Alquran

Sabtu 14 May 2022 08:31 WIB

Red: Irwan Kelana

Askar Kauny menargetkan 10 ribu hewan kurban untuk para pecinta Alquran di Indonesia, , Mali, Uganda, Somalia, Suriah, dan Palestina pada Idul Adha 2022.

Askar Kauny menargetkan 10 ribu hewan kurban untuk para pecinta Alquran di Indonesia, , Mali, Uganda, Somalia, Suriah, dan Palestina pada Idul Adha 2022.

Foto: Dok Askar Kauny
Hewan kurban akan disalurkan  di dalam dan luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Askar Kauny akan menggerakkan program “Kurban untuk Pecinta Alquran” dengan target 10.000 hewan kurban untuk masyarakat Islam pecinta Alquran di Indonesia, Mali, Uganda, Somalia, Suriah, dan Palestina pada Idul Adha 2022.

Penanggung Jawab Program Kurban Askar Kauny, Ranus Saputra menjelaskan,  program kurban tahun ini bertujuan meluaskan manfaat untuk para pecinta Alquran.

"Program kurban ini akan disalurkan untuk pecinta Alquran, menjangkau sampai negara-negara Islam dengan tingkat perekonomian yang relatif rendah di Afrika seperti Mali, Uganda, dan Somalia.  Juga negara Islam yang rawan konflik seperti Palestina dan Suriah.” ungkap Ranus dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (13/5). 

Ranus melanjutkan, selain berfokus pada penyebarluasan di luar negeri, Askar Kauny juga tetap mengedepankan penerima manfaat di dalam negeri, terutama para santri penghafal Alquran di lebih dari 20 provinsi di Indonesia.

“Khusus di dalam negeri implementasi program Idul Adha 1443 H, Askar Kauny memiliki visi memberdayakan masyarakat dengan cara membina, mengumpulkan, dan membeli hewan kurban dari peternak lokal di beberapa titik di Indonesia. Salah satunya untuk wilayah Jabodetabek berada di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.” kata Ranus 

Ranus menjelaskan, Askar Kauny bermitra dengan masyarakat dan peternak lokal di wilayah tersebut untuk menyerap hewan ternaknya dalam program kurban Askar Kauny.

Saeni, salah satu masyarakat yang sudah enam  bulan mengelola plasma di Desa Cikasungka mengatakan dari 10 domba indukan yang dipelihara olehnya saat ini sudah melahirkan lima  ekor anak. "Insya Allah untuk Idul Adha nanti sudah siap dijual," ujar wanita paruh baya itu.

Askar Kauny di wilayah ini bermitra dengan masyarakat, mengelola Sembilan  plasma yang nantinya akan menghasilkan hewan kurban untuk kurban Idul Adha 2022.

"Lewat program ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat khususnya yang bergiat di dunia usaha peternakan hewan kurban," kata dia.

Diketahui pada Idul Adha 2021, Askar Kauny telah menyalurkan hewan kurban kepada 27.491 santri penghafal Alquran, 22.449 guru ngaji, dan 5.042 dhuafa. Total 54.982 penerima manfaat tersebar di 96 titik dari 16  provinsi di Indonesia, serta 105 titik di 5 negara (Indonesia, Uganda, Mesir, Suriah, dan Palestina).

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA