Jumat 13 May 2022 23:30 WIB

Peserta JKN-KIS Mengaku Dapatkan Pelayanan yang Baik di Rumah Sakit

JKN-KIS akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan kepada masyarakat

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas membantu warga mengurus layanan kesehatan di kantor BPJS Kesehatan. JKN-KIS akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Petugas membantu warga mengurus layanan kesehatan di kantor BPJS Kesehatan. JKN-KIS akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Wiwik Haryati mengaku mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik selama dirawat di rumah sakit. Menurutnya sekarang pelayanan di rumah sakit kepada peserta JKN-KIS sudah sangat baik dan benar-benar berbeda dibandingkan dulu.

"Mulai dari pendaftaran, waktu tunggu, bahkan sampai pelayanan saat dirawat semuanya sudah sangat bagus," katanya di Palangka Raya, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga

Bahkan sebelum menjalani perawatan, pasien diberikan layanan rawat jalan dengan lebih tertata dan lebih mudah alur pelayanannya. Kepuasan diungkapkan wanita 60 tahun itu saat dikonfirmasi terkait layanan yang diberikan fasilitas kesehatan terhadap peserta BPJS Kesehatan.

Beberapa waktu lalu, warga yang tinggal di Jalan Badak, Palangka Raya itu menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di daerah setempat. Wiwik harus menjalani operasi usai terjadi pembengkakan pada dada sebelah kiri akibat adanya infeksi bakteri pada bagian tubuh tersebut.

 

"Sebelumnya saya tidak tahu kalau ada bakteri yang menginfeksi karena tidak ada gejala. Tapi kemudian timbul benjolan di bagian dada dan terus menerus hingga akhirnya terasa sakit," katanya.

Pada akhirnya, dia harus dilarikan ke rumah sakit swasta untuk mendapatkan perawatan dan penanganan lebih lanjut. Wiwik merupakan peserta JKN-KIS dari segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2015. "Selama menjadi peserta JKN-KIS saya telah beberapa kali mengakses layanan kesehatan dan terakhir. Terakhir, saya mendapatkan pelayanan kesehatan rawat inap dan tindakan operasi," katanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan mengatakan program jaminan kesehatan ini telah banyak menolong peserta dan langsung merasakan manfaatnya. "Untuk itu kami akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan sehingga masyarakat terutama pada peserta semakin merasakan dampak hadirnya negara dalam menjamin kesehatan masyarakat," kata Masrur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement