Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Manchster City Resmikan Patung Sergio Aguero Bertema 'Agueroooooo'

Jumat 13 May 2022 23:15 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

 Patung legenda Manchester City Club, Argentina Sergio Aguero, dirancang oleh pematung Andy Scott di luar Stadion Etihad, untuk memperingati sepuluh tahun gelar Liga Premier pertama Klub dan momen ikonik

Patung legenda Manchester City Club, Argentina Sergio Aguero, dirancang oleh pematung Andy Scott di luar Stadion Etihad, untuk memperingati sepuluh tahun gelar Liga Premier pertama Klub dan momen ikonik

Foto: Martin Rickett/PA via AP
Gol itu jadi penanda kemunculan City di panggung elite sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gol Sergio Aguero di menit ke-93 ke gawang Queens Park Rangers pada 2012 lalu akan selalu membekas di benak penggemar City. Sebab gol itu, Manchester City menjadi juara Liga Inggris untuk pertama kalinya sejak 1968. Manchester United pun harus gigit jari setelah sempat berselebrasi merayakan gelar Liga Inggris saat City posisi tertinggal di menit akhir. Gol itu makin dikenal dengan julukan 'Gol Agueroooo' karena komentator laga meneriakan namanya dengan histeris.

Untuk mengenang gol penting itu, City bersiap meresmikan patung Sergio Aguero saat sedang melambaikan jerseynya lalu berlari tribun penonton usai mencetak gol itu yang akan diletakkan di luar lapangan. Hari Jumat (13/5/2022) menandai 10 tahun gol dramatis itu tercipta. 

Baca Juga

Sejak kemenangan itu, City mendominasi Liga Inggris dengan lima gelar di bawah pemilik klub yang berbasis di Abu Dhabi. Aguero mencetak rekor 260 gol untuk City sebelum pergi untuk bergabung dengan Barcelona tahun lalu. Namun harus pensiun tak lama setelah berlabuh di Camp Nou karena masalah jantung. Kendati sudah pensiun, status legendarisnya akan selalu dikenang oleh publik Etihad.

"Sejujurnya, itu adalah hal yang sangat indah bagi saya," kata Aguero, yang juga akan menghadiri pesta reuni skuax City 2011-12 dilansir dari france24.

Pria asal Argentina itu mengatakan, dalam 10 tahun, ia memenangkan banyak trofi sekaligus membantu klub menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Oleh karena itu ia berterimakasih kepada klub karena telah membuatkan patung dirinya. Patung tersebut dipandang sebagai pengakuan atas karirnya di City.

“Ini adalah sesuatu yang sangat istimewa. Saya ingat saya masih sangat muda, melihat diri saya 10 tahun yang lalu sangat mengharukan,” ujarnya.

Presiden Manchester City Khaldoon Al Mubarak mengatakan, penting sekali mengakui peran gol paling terkenal Aguero dalam sejarah klub. Menurut Al Mubarak, gol tersebut merupakan momen yang mengubah segalanya.

"Jika Anda melihat 10 tahun sejak itu, itulah saat yang memperkenalkan apa yang ada di depan. Dia benar-benar pantas dan, saya pikir, seorang legenda untuk klub ini,” katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA