Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Grup Shining Star dan SMPN 1 Tomohon Juara 1 Lomba Kolintang

Jumat 13 May 2022 22:27 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Salah satu peserta mengikuti lomba kolintang tingkat SD yang diadakan Pinkan Indonesia.

Salah satu peserta mengikuti lomba kolintang tingkat SD yang diadakan Pinkan Indonesia.

Foto: Dok Pinkan Indonesia
Lomba kolintang diikuti 12 peserta kategori SD dan 16 peserta kategori SMP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang tahun ini diperingati pada 13 Juni 2022, Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia menggelar 'Lomba Virtual Kolintang Tingkat Usia SD dan SMP'. Kegiatan itu juga sekaligus untuk mendukung Kolintang Goes to UNESCO.

Final lomba virtual kolintang tingkat usia SD dan SMP dihadiri oleh Ketua Umum Pinkan Indonesia Penny Iriana, pembina Sanggar Limeka Mayjen (Purn) Lodewyk Pusung, Dewan Pengawas RRI Edriman Butar-Butar, dan ketua panitia lomba Endang Indra, serta pengurus dan pemerhati kolintang.

Ketua Umum Pinkan Indonesia Penny Marsetio menuturkan, kolintang merupakan warisan budaya tak benda Indonesia asal Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut). Dia menjelaskan, diadakan lomba tersebut untuk menumbuhkembangkan bakat serta minat anak-anak siswa sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Penny menjelaskan, lomba itu digelar untuk mengukur pengetahuan siswa tingkat dasar. Selain itu, juga untuk menggaungkan kolintang agar dikenal oleh rakyat Indonesia dan tersebar di nusantara maupun mancanegara.

"Insan pecinta kolintang berupaya untuk mendapatkan pengakuan internasional melalui UNESCO. Kolintang adalah suatu alat pemersatu budaya dan ini akan kita perjuangkan, agar menjadi kebanggan bangsa Indonesia dan Sulawesi Utara," kata Penny di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Ketua panitia lomba Endang Indra menyampaikan, peserta yang mengikuti lomba terdiri 28 tim, yaitu 12 peserta kategori SD dan 16 peserta kategori SMP. Final lomba merupakan rangkaian puncak dari lomba virtual kolintang tingkat SD dan SMP.

Endang menjelaskan, sebelumnya, para peserta telah mendaftar pada 6 Februari-30 April 2022,  dengan menampilkan kolintang konvensional yang terdiri dari tujuh sampai dengan 10 alat dan  menyanyikan satu lagu daerah Nusantara secara virtual. "Dewan juri yang hadir saat penilaian para finalis lomba tersebut, yaitu Cendi Lutungan, Recky Pangkareo, dan Jimmy Manopo," katanya.

Untuk pemenang lomba tingkat SD, yaitu juara 1 adalah Grup Shining Star, juara 2 Jala Kids, juara 3 Ma Leo-Leosan Kids, juara 4 SDN Negeri Treman A, dan juara 5 SD Inpres ASABRI Kolongan. Sedangkan pemenang tingkat SMP, yaitu juara 1 SMPN 1 Tomohon, juara 2 Deo Gloria Efrata Kaneyan, juara 3 The Sound of Xavier, juara 4 SMP Katolik Johanis Laikit, dan juara 5 SMP Kristen Woloan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA