Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Lulusan Teknik Informatika Paling Banyak Dicari pada Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Jumat 13 May 2022 21:58 WIB

Red: Christiyaningsih

Lulusan Teknik Informatika jadi salah satu yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Lulusan Teknik Informatika jadi salah satu yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Foto: UBSI
Lulusan Teknik Informatika jadi salah satu yang paling banyak dicari oleh perusahaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sukses mengadakan Rekrutmen Bersama BUMN di tahun 2022 ini. Sebanyak 2.700 lowongan kerja dari 50 perusahaan ternama di Indonesia telah dibuka. Lewat rekrutmen ini, ternyata alumni jurusan Teknik Informatika jadi salah satu yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Alasannya, Teknik Informatika merupakan cikal bakal dari kemajuan teknologi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Jurusan ini akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan mana pun, tak terkecuali BUMN.

Baca Juga

Berfokus pada pendalaman ilmu komputer, pengelolaan informasi hingga implementasi logika dalam komputer, sudah selayaknya jurusan Teknik Informatika menjadi incaran perusahaan BUMN dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Mengintip dari pendaftaran rekrutmen BUMN 2022 pada bulan April, banyak perusahaan BUMN yang membutuhkan staf dalam bidang IT untuk mengisi posisi sebagai programmer, IT system administrator, officer IT system architecture, hingga pengolahan basis data.

Hal ini tentunya sesuai dengan prospek kerja lulusan Teknik Informatika yang dapat menjadi seorang programmer, web/mobile developer, IT Network, software engineer, IT Consultant, game developer, system analyst, data scientist, hingga cyber security. Peningkatan kebutuhan dunia industri semakin mendukung efisiensi pekerjaan manusia. Terlebih di dalam dunia bisnis, lulusan IT dinilai sangat krusial dalam mendongkrak kemajuan bisnis.

Contohnya, jebolan jurusan IT dapat membuat website hingga aplikasi untuk mendukung kinerja perusahaan. Hal ini juga harus dibarengi dengan skill yang dimiliki oleh individu itu sendiri. Pesatnya kebutuhan tenaga IT, membuat perguruan tinggi terus mendukung skill individu lewat jurusan perkuliahan yang sesuai kebutuhan dunia industri.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendukung hal tersebut, membuka beberapa program studi (prodi) di bawah naungan Fakultas Teknik dan Informatika. Prodi tersebut yakni Prodi Sistem Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Teknologi Komputer, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Ilmu Komputer, Teknik Industri, dan Teknik Elektro.

Seluruh prodi ini berkesinambungan untuk menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang IT, sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi serta sesusai dengan kebutuhan dunia kerja. Untuk mewujudkan hal tersebut, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, baik skala nasional maupun internasional. Hal itu terbukti dengan banyaknya lulusan Universitas BSI yang bekerja di perusahaan BUMN.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA