Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Polisi Siapkan Personel Pencegah Penyusup di May Day Fiesta

Jumat 13 May 2022 19:42 WIB

Red: Agus Yulianto

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.

Foto: Republika/Ali Mansur
Massa buruh yang datang ke lokasi aksi untuk membawa identitas lengkap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya berencana menyiapkan personel untuk melakukan filterisasi dan mencegah masuknya penyusup dalam aksi May Day Fiesta oleh massa buruh di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Sabtu (14/5/2022). "Di GBK ada beberapa pintu masuk, nanti di situ ada beberapa petugas yang akan mengontrol," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat (13/5/2022).

Zulpan juga mengimbau, agar massa buruh yang datang ke lokasi aksi untuk membawa identitas lengkap dan datang secara berkelompok. Hal itu guna memudahkan petugas untuk melakukan filterisasi.

Petugas yang berjaga di lokasi akan memastikan yang bisa memasuki lokasi acara hanya massa buruh. "Untuk mengantisipasi adanya penyusupan dan sebagainya, tentunya kita akan memastikan karena tempatnya ini di GBK. Jadi, siapa yang bisa masuk ke tempat acara itu adalah dari kelompok buruh," ujarnya.

Peserta aksi juga diharapkan tidak terpisah dari rombongan untuk memudahkan petugas memberikan pengamanan serta agar peserta aksi tidak tertinggal rombongan saat kepulangan. "Mempermudah nanti datang dan kembalinya, mereka tidak nanti kehilangan kelompoknya. Kepolisian sudah mengantisipasi agar kegiatan ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Zulpan mengatakan, pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan terkait digelarnya aksi tersebut dan menurut surat tersebut kegiatan May Day Fiesta diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 60 ribu orang. Para peserta aksi adalah massa dari elemen buruh yang datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek hingga Jawa Barat dan diperkirakan akan datang dengan sekitar 1.200 bus.

Kegiatan tersebut diperkirakan akan berlanjut pada Sabtu sekitar pukul 09.00-15.00 WIB, sehingga masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar lokasi aksi diharap bisa memaklumi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Pihak kepolisian memastikan tidak menutup kawasan tersebut untuk umum, meski telah mengeluarkan imbauan untuk menghindari kawasan GBK pada Sabtu. Kawasan lainnya yang ikut terdampak aksi May Day Fiesta, yakni Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari Simpang Semanggi hingga depan Gedung DPR/MPR RI, kemudian kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Senayan hingga Simpang Semanggi.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA